Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Wali Murid Memilih Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Nurul Falah Masohi
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh dari ke empat elemen marketing mix yakni product, price, place dan promotion terhadap keputusan wali murid memilih Memilih Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Nurul Falah Masohi. Populasi dalam penelitian sebanyak 41 orang wali Murid Kelas 1 MIT Nurul Falah Masohi. Metode penelitian yang diguanakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa: (1) Analisis regresi diperoleh nilai RSquer sebesar 0,361 atau sama dengan 36,1%, yang berarti bahwa marketing mix yakni product, price, place dan promotion memiliki pengaruh yang simultan terhadap keputusan wali murid memilih Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Nurul Falah Masohi sebesar 36,1%. sedangkan 63,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. (2) Secara persial elemen product berpengaruh positif terhadap keputusan wali murid memilih madrasah, namun tidak signifikan, dengan nilai thitung 1995 > ttabel 1,688 dan Sig. 0,054. (3) Secara persial elemen price tidak berpengaruh positif terhadap keputusan wali murid memilih madrasah, dengan nilai thitung 0,923 < ttabel 1,688 dan Sig. 0,362. (4) Secara persial elemen place tidak berpengaruh positif terhadap keputusan wali murid memilih madrasah, dengan nilai thitung 0,889 < ttabel 1,688 dan Sig. 0,380. (5) Secara persial elemen promotion tidak berpengaruh positif terhadap keputusan wali murid memilih madrasah, dengan nilai thitung 1,455 < ttabel 1,688 dan Sig. 0,154.
Kata Kunci: Marketing Mix, Product, Price, Promotion, Keputusan Pembelian
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citations of published work (See The Effects of Open Access).