Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Wali Murid Memilih Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Nurul Falah Masohi

Authors

  • Indah Junianti Idris
  • Elfridawati Mai Dhuhani IAIN Ambon
  • Tria Ina Utari IAIN Ambon

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh dari ke empat elemen marketing mix yakni product, price, place dan promotion terhadap keputusan wali murid memilih Memilih Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Nurul Falah Masohi. Populasi dalam penelitian sebanyak 41 orang wali Murid Kelas 1 MIT Nurul Falah Masohi. Metode penelitian yang diguanakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa: (1) Analisis regresi diperoleh nilai RSquer sebesar 0,361 atau sama dengan 36,1%, yang berarti bahwa marketing mix yakni product, price, place dan promotion memiliki pengaruh yang simultan terhadap keputusan wali murid memilih Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Nurul Falah Masohi sebesar 36,1%. sedangkan 63,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. (2) Secara persial elemen product berpengaruh positif terhadap keputusan wali murid memilih madrasah, namun tidak signifikan, dengan nilai thitung 1995 > ttabel 1,688 dan Sig. 0,054. (3) Secara persial elemen price tidak berpengaruh positif terhadap keputusan wali murid memilih madrasah, dengan nilai thitung 0,923 < ttabel 1,688 dan Sig. 0,362. (4) Secara persial elemen place tidak berpengaruh positif terhadap keputusan wali murid memilih madrasah, dengan nilai thitung 0,889 < ttabel 1,688 dan Sig. 0,380. (5) Secara persial elemen promotion tidak berpengaruh positif terhadap keputusan wali murid memilih madrasah, dengan nilai thitung 1,455 < ttabel 1,688 dan Sig. 0,154.

 

Kata Kunci: Marketing Mix, Product, Price, Promotion, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Idris, I. J., Elfridawati Mai Dhuhani, & Tria Ina Utari. (2024). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Wali Murid Memilih Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Nurul Falah Masohi. EUREKA (JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM), 2(1), 22–36. Retrieved from https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/jppm/article/view/7339