Manajemen Kelas Tenaga Pengajar Pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ikhlas Ambon Dalam Meningkatkan Motivasi Baca Qur’an
Abstract
Abstrak. Peningkatan motivasi belajar baca Qur’an di TPQ Al-Ikhlas Ambon menjadi hal utama. Manajemen kelas yang baik, termasuk pengaturan lingkungan belajar, interaksi positif antara pengajar dan santri, serta strategi pembelajaran efektif, sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar santri. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana manajemen kelas di TPQ Al-Ikhlas Ambon meningkatkan motivasi baca Qur’an pada santri, menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan dianalisis dengan teknik Milles dan Huberman: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi, membandingkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen kelas tenaga pengajar pada TPQ Al-Ikhlas Ambon dalam meningkatkan motivasi baca Qur’an santri berfokus pada empat tahapan yaitu: Tahap perencanaan mencakup tenaga pengajar mempersiapkan diri sebelum mengajar, penyesuaian pembelajaran berdasarkan kemampuan santri, dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada santri. Tahap Pengorganisasian mencakup optimalisasi waktu pembelajaran dan pembentukan kelas. Tahap Pelaksanaan mencakup adaptasi gaya belajar santri, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, umpan balik positif , dan evaluasi serta pemantauan oleh pimpinan TPQ terhadap tenaga pengajar. Tahap Pengendalian kelas mencakup penetapan aturan kelas, penerapan konsekuensi, dan penanganan konflik. 2) Faktor pendukung manajemen kelas tenaga pengajar dalam meningkatkan motivasi baca Qur’an yaitu: tersedianya sarana dan prasarana, memiliki tenaga pengajar yang sudah mumpuni dan memiliki kemampuan serta pemahaman mengenai baca Quran, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: kurangnya kesadaran santri untuk mau berubah, masih terdapat kurangnya keterlibatan orang tua untuk memantau proses pembelajaran anak di rumah dan kurangnya disiplin santri terhadap keterbatasan waktu pembelajaran.
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Motivasi Baca Qur’an.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citations of published work (See The Effects of Open Access).