Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini Di Raudatul Athfal Almeera Islamic School Jalan Air Kuning Lorong Alaka Kota Ambon
Pengelolaan program pendidikan
Abstract
Pengelolaan Program PAUD merupakan upaya pendidikan yang ditujukan untuk anak usia dini yang biasanya dari usia 0-6 tahun, Pengelolaan program PAUD meliputi beberapa aspek penting yang harus diperhatikan untuk memberikan pelayanan pendidikan yang optimal bagi anak-anak usia dini yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan program pembelajaran pendidikan anak usia dini di Raudatul Athfal Almeera Islamic School. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pengelolaan Program Pembelajaran Pendidikan Usia Dini terdapat Perencanaan, yang didalamnya mencakup Program Semester, RPPM, dan RPPH. Pelaksanaan, dalam pelaksanaan mencakup kegiatan pembuka, kegiatan inti dan penutup. Pengawasan, pengawasan yang dilakukan melibatkan kepala sekolah dan kepala satuan. Evaluasi, bentuk evaluasi yang dilakukan difokuskan pasa hasil belajar dan perkembangan anak. selain itu yang menjadi Faktor pendukung dalam program pembelajaran yaitu, terjalinnya kerja sama antara pihak Raudatul Athfal Almeera Islamic School, puskesmas Arbes, dan kepolisian. Yang menjadi faktor penghambat yakni, kurangnya anggaran yang didapatkan, serta sarana dan prasarana yang belum cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan program PAUD di Raudatul Athfal Almeera Islamic School telah menggunakan fungsi manajemen yang baik dengan memiliki aspek yang berbeda-beda, akan tetapi beberapa penghambat yang terjadi masih menjadi sebab dalam mengurangi keefektifan dari pelaksanaan program pembelajaran.
Kata Kunci: Pengelolaan, Program Pembelajara, Pendidikan Anak Usia Dini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citations of published work (See The Effects of Open Access).