PENGARUH MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH PENGGERAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 HUAMUAL

Authors

  • Kemal Kaliky IAIN Ambon
  • Kapraja Sangadji IAIN Ambon
  • Dinar Riaddin IAIN Ambon

Abstract

Manajemen kepala sekolah penggerak adalah suatu tindakan yang akan dilakukan seorang atasan yang meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sementara Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai seseorang setelah melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kepala sekolah penggerak terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Huamual, Seram Bagian Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar angket manajemen kepala sekolah penggerak. Teknik pengumpulan data berupa data angket dan hasil prestasi belajar siswa. Selanjutnya analisis data yang digunakan berupa analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial yang memuat uji kualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis (Uji t).  Hasil uji kualitas data dari 42 item diperoleh data item valid dengan nilai Rhitung > RTabel (0,183). Selanjutnya uji reliabilitas dengan menggunakan Cronbach alpha diperoleh nilai 0,666 > dari 0,60 sehingga diputuskan 42 item reliable. Untuk uji asumsi klasik berupa uji normalitas diperoleh data prestasi belajar sebesar 0,144 dan data manajemen kepala sekolah sebesar 0,200 yang lebih besar dari 0,05 sehingga diputuskan kedua data normal. Sama halnya dengan pengujian linieritas tampak nilai signifiknasi lebih besar 0,05 yang menunjukkan kedua data linear. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menunjukkan bahwa adanya pengaruh manajemen kepala sekolah penggerak terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Huamual, Seram Bagian Barat. Hal ini ditunjukan dengan adanya uji hipotesis menggunakan uji parsial (uji t) diperoleh nilai signifikansi (0,000) yang lebih kecil dari nilai  sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Besar pengaruh atau kontribusi manajemen kepala sekolah penggerak terhadap prestasi belajar peserta didik yaitu sebesar 11,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi perhatian dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Kaliky, K., Kapraja Sangadji, & Dinar Riaddin. (2025). PENGARUH MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH PENGGERAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 HUAMUAL . EUREKA (JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM), 3(1), 1–12. Retrieved from https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/jppm/article/view/9067