PENGARUH MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH PENGGERAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 HUAMUAL
Abstract
Manajemen kepala sekolah penggerak adalah suatu tindakan yang akan dilakukan seorang atasan yang meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sementara Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai seseorang setelah melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kepala sekolah penggerak terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Huamual, Seram Bagian Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar angket manajemen kepala sekolah penggerak. Teknik pengumpulan data berupa data angket dan hasil prestasi belajar siswa. Selanjutnya analisis data yang digunakan berupa analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial yang memuat uji kualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis (Uji t). Hasil uji kualitas data dari 42 item diperoleh data item valid dengan nilai Rhitung > RTabel (0,183). Selanjutnya uji reliabilitas dengan menggunakan Cronbach alpha diperoleh nilai 0,666 > dari 0,60 sehingga diputuskan 42 item reliable. Untuk uji asumsi klasik berupa uji normalitas diperoleh data prestasi belajar sebesar 0,144 dan data manajemen kepala sekolah sebesar 0,200 yang lebih besar dari 0,05 sehingga diputuskan kedua data normal. Sama halnya dengan pengujian linieritas tampak nilai signifiknasi lebih besar 0,05 yang menunjukkan kedua data linear. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menunjukkan bahwa adanya pengaruh manajemen kepala sekolah penggerak terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Huamual, Seram Bagian Barat. Hal ini ditunjukan dengan adanya uji hipotesis menggunakan uji parsial (uji t) diperoleh nilai signifikansi (0,000) yang lebih kecil dari nilai sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Besar pengaruh atau kontribusi manajemen kepala sekolah penggerak terhadap prestasi belajar peserta didik yaitu sebesar 11,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi perhatian dalam penelitian ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citations of published work (See The Effects of Open Access).