KOMPETENSI KEPRIBADIAN DOSEN PAI iMENURUT PANDANGAN AN-NAWAWI (DALAM KITAB AT-TIBYAN FI ADABI HAMALAH AL-QUR’AN)
DOI:
https://doi.org/10.33477/kjim.v4i1.2955Keywords:
pandangan an-nawawi i(dalam kitab at-tibyan fi Adabi hamalah al-qur’an), kompetensi kepribadian Dosen.Abstract
Hasil iTemuan iini imengungkapkan ibahwa iDosen iPAI, iFakultas iTarbiyah, idan iKeguruan iIAIN iAmbon isemuanya imemiliki ilima ikompetensi ikepribadian, iyaitu: i(1) ikonsisten, iseperti iberfungsi isesuai istandar isosial idan isenang imenjadi iseorang iDosen; ihal iini iditunjukkan ioleh ibantuan ikonstan iprofesor, iinteraksi idengan imahasiswa idan iprofesor ilainnya, idan isalam iramah. iHal iini isejalan idengan ifalsafah ian-Nawawi iyang imeyakini ibahwa i“Dosen iharus imencintai imahasiswanya, imemperhatikan ikemaslahatan imahasiswanya”, idan ibangga idengan ipanggilannya. i(2) idewasa ikarena ikemandirian iyang iditunjukkan ioleh iDosen iPAI. iMenurut ian-Nawawi, i"dosen iharus itertarik idalam imemberikan ipengajaran, iserta imemiliki iintensif iyang ibaik" i(3) iberwibawa ikarena iperilaku ipro-aktif iDosen iPAI. iHal iini isesuai idengan iapa iyang idiyakini ian-Nawawi ibahwa i“dosen iharus imemiliki iakhlak iterpuji” i(4) iberakhlak imulia, ibahwa i“dosen iharus iberakhlak imulia” i(akhlak iterhadap iAllah iSWT, isesama imanusia, idan ilingkungan), iMenurut ian-Nawawi, idosen i“harus imenghiasi idiri idengan iakhlak iyang iterpuji. i(5) iteladan, idosen iPAI ibisa imenjadi iteladan ibagi imahasiswanya isejalan idengan ipemikiran ian-Nawawi ibahwa idosen iharus imenghiasi idiri idengan iakhlak iterpuji, idan imemperlakukan ipeserta ididik idengan ilemah ilembut, iNiat iLillahi ita'ala idengan ikepribadian iseperti iini, isiswa iakan imengikutinya” iDosen iPAI idapat imenjadi ipanutan ibagi imahasiswanya idengan imenjadi iteladan idan imemotivasi imahasiswa iuntuk imempererat itali isilaturahmi iantara idosen idan ipara imahasiswa i
Jenis ipenelitian iini, imenggambarkan itentang ifenomena idi ilapangan idan iberkaitan idengan irumusan imasalah iyang idisajikan, ibersifat ikualitatif. iPartisipan idalam ipenelitian iini iadalah ipara ipengajar iPAI idan imahasiswa iProgram iStudi iPendidikan iAgama iIslam iFakultas iTarbiyah idan iKeguruan iIAIN iAmbon. iReduksi idata, ipenyajian, idan iverifikasi iadalah itiga imetode ianalisis idata iyang idigunakan idalam ipenelitian iini, isedangkan iobservasi, iwawancara, idan idokumentasi iadalah itiga imetode ipengumpulan idata iyang ipeneliti igunakan idalam imeneliti iterkait ifenomena iyang iterjadi idilapangan.
References
Amin A. Rifqi. Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Cet-I, Deepublish: Yogyakarta: 2014.
Apriyadi, Nurul. “Adab Pendidik dan Peserta Didik Prespektif Imam An-Nawawi Ad-Damasqy Serta Relefansinya Terhadap Pendidikan Islam ,Telaah Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’An. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Arikunto. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Pratek. Jakarta: Rineka Cipta. 1993.
Asmuni, Ma’mur Jamal. Tips Menjadi Guru Kreatif, Inspirasi dan Inovatif. Jogjakarta: Diva Press, 2009.
Departemen Agama RI.
Dkk Solong, ‘Penerapan Kompetensi Kepribadian Guru Pai’, Jurnal Najamuddin Petta Solong 1) Luki Husin 2) 1, 2 Iain Sultan Amai, Gorontalo, 3.2 (2020).
Ghazali, Imam. Ihya’ Ulumuddin, Juz III. Masyahadun Husaini, tt.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset. 1999.
Halimombo, Suhardin. “Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam Yang Terkandung Pada Kisah Nabi Yusuf a.s Dalam AL-Qur’an Surah Yusuf (12) Perspektif Tafsir Ibnu Katsir”. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) ambon.
Handoko, Duwi. Lembaran dan Berita Negara Mengenai Pendidikan Tinggi. Cet-I, Pekan Baru;Hawa dan Ahwa. 2019.
Hauro Umniyyati Sayyidatul. At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an (An-Nawawi Abu Zakariyah Yahya Bin Syaraf, Imam. Maktabah Ibnu Abbas: 2005 M. Lihat Juga Skprisi Munis Fachrunnisa, ‘Kompetensi Kepribadian Guru Menurut Pandangan An-Nawawi ( Tela ’ Ah Kitab At -Tibyan Fi Adabi Hamalah Al- Qur ’ An Karya Imam Abu Zakariya Yahya Bin Syaraf An-Nawawi )’, 2016.
https://books.google.co.id/books?id=2Kvp4IYPpAC&prinsec=frontcover&dq=Books.google.com+pendidikan+agama+untuk+perguruan+tinggi&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false diakses pada tgl 4 agustus, waktu 19:26 WIT.
https://www.republika.co.id/berita/qch8f4430/kisah-lahir-dan-wafatnya-imam-nawawi.
Izzan, Ahmad. Membangun Guru Berkarakter. Bandung: Humaniora. 2012.
J.B, Situmorong dan Winarno. Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik. Klanet: Macanan Jaya Cemerlang, 2008.
Jejen, Musfah. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Karisma Putra Utama. 2011.
Jejen, Musfah. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Pratik Jakarta: Kencana. 2011.
John, M.Echols dan Hasan, Shadily. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia. 1990.
Khalik, Abdul. Dkk. Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Tokoh Klasik Dan Kontem Porer. Semarang: pustaka pelajar offset. 1999.
Madyawanti. Kompetensi Profesional dan Kompeetnsi Kepribadian, (https://blogmadyawanti.wordpress.com.
Mappanganro. Pemilik Kompetensi Guru. Makassar: Alauddin Press, 2010
Medan, Abi. Biografi Imam An-Nawawi dan Terjemah Muqaddimah Mahalli, (Jawa Timur: Cyber Media Publishing. 2019.
Muanifa, St. Konsep Pendidikan Islam. http://makalahmeza.blogspot.co.id.
Muhaimin, Arah Baru. Pengembangan Pendidikan Islam. Bandung: Nuansa. 2003.
Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2013.