KONSEP PENDIDIKAN ISLAM INTEGRAL MENURUT MOHAMMAD NATSIR

Authors

  • Endang Endang IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/kjim.v2i2.2568

Abstract

Abstract: The research entitled Concept of Integral Islamic Education According to Mohammad Natsir, aims to find out how the concept of integral education is applied by Mohammad Natsir. This type of research is library research because the data in this study were taken from library materials. This study uses several methods, including: Content, historical and descriptive. The data sources are taken through primary data and secondary data. The results obtained from this study are Mohammad Natsir's thoughts on integral education, which is an educational model that combines Islamic education and general education, this is evidenced by not contrasting the west with the east. Islam only recognizes the antagonism between right and falsehood. Everything that is right is accepted, even if it comes from the west, all that is false will be removed even if it comes from the east. With the creation of integral education, students can prioritize between spiritual and physical. The implementation of Mohammad Natsir's integral education is that the curriculum used is the national curriculum and the religious curriculum. And balance between worldly life and hereafter, balance between physical and spiritual. In public schools, Islamic Religious Education must be included in a balanced manner. Likewise, Islamic boarding schools must also include general education in a balanced way.

 

Keywords: Islamic Education, Integral, Mohammad Natsir

 

Abstrak: Penelitian yang berjudul Konsep Pendidikan Islam Integral Menurut Mohammad Natsir, bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan integral yang diterapkan oleh Mohammad Natsir. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan (library research) karena data-data dalam penelitian ini diambil dari bahan-bahan pustaka. Penelitian ini menggunakan beberapa metode antara lain: Content, historis dan deskriptif. Adapun sumber data yang diambil melalui data primer dan data sekunder. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pemikiran Mohammad Natsir tentang pendidikan integral adalah model pendidikan yang memadukan antara pendidikan Islam dan pendidikan umum, ini dibuktikan dengan tidak mempertentangkan antara barat dengan timur. Islam hanya pengenal antagonisme antara hak dan bathil. Semua yang hak diterima, biar pun datangnya dari barat, semua yang bathil akan disingkirkan biarpun dari timur datangnya. Dengan terciptanya pendidikan integral peserta didik dapat mementingkan antara ruhani dan jasmani. Implementasi pendidikan integral Mohammad Natsir itu adalah kurikulum yang dipakai adalah kurikulum nasional dan kurikulum agama. Serta menyeimbangkan antara kehidupan duniawi dan ukhrawi, keseimbangan antara jasmani dan ruhani. Pada sekolah umum, Pendidikan Agama Islam harus dimasukkan secara seimbang. Begitu pula dengan pesantren juga harus memasukkan pendidikan umum secara seimbang pula.

 

Kata kunci: Pendidikan Islam, Integral, Mohammad Natsir

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Aziz, (2013) Paradigma Integrasi Sains Dan Agama. Al-Adyan.

Abdul Majid, (2015) Strategi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Tosdakarya.

Abdurrahmad Wahid, Islamku, Islam Anda, Islam Kita. Jakarta, : The Wahid Institut, 2006.

Abuddin Nata, Tokoh-Tokoh Pembaharu Islam Di Indonesia, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Abudin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Al-Qur’an Dan Terjemahan. Departemen Agama RI Cv Pustaka Agung Harapan: 2006.

Danusiri, Epistemologi Dalam Tasawuf Iqbal, Dalam (http//digilib.uinsby.ac.id/9470/ Diakses Pada Tanggal 22 April 2021)

Ded Rosyada, Madrasa Dan Profesionalisme Guru Dalam Dinamika Pendidikan Islam Di Era Otonomi Daera, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2017.

Departemen Pendidikan Nasional, UU Sisdiknas No 2003. Jakarta.

Hairun Fauzi, Konsep Pendidikan Islam Integral Menurut Muhammad Natsir. Jurnal LoroNG, Vol 2. No 2, Juli 2012. hlm 125-127

Hepi Andi Bastoni Dkk, Muhammad Natsir Sang Maestro Dakwa, Jakarta: Mujtama Press, 2008

Herberth Faith & Lance Castle, “Pemikiran Politik Indonesia 1945-1965” hlm 212, Dikutip Pada Dari Pidato Mohammad Natsir Pada Tanggal 12 November 1957 Di Dalam Sidang Konstituante.

Ilman Nasution Mohammad Natsir: konsep pendidikan Islam (dosen fakultas tarbiyah dan kegururan IAIN imam bonjol padang dikutip dari http:/journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/awlad/article/view/211.

Iskandar Z, Dkk, Dinamika Ilmu, Samarinda : STAIN Samarinda, 2004

Iskandar Z, Dkk, Samarinda : STAIN Samarinda 2004

La Rajab. Konsep Pendidikan Islam Mohammad Natsir, Jurnal Al-Iltizam, Vol 1, No 1, 2016. 104-119

Lukman Hakim, M Natsir Di Panggung Sejarah Republic Jakarta Republika, 2008

M dahlan, kamus ilmiah popular Surabaya, arkola, 1994.

M Natsir, Marilah Shalat, Jakarta : Media Dakwah, 1988.

Mangun Budiyanto, Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2013.

Mashudi, “Implementasi Pemikiran Pendidikan Islam Integral Mohammad Natsir Di Indonesia”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 10, No.2, 2016.

Mashudi, “Implementasi Pemikiran Pendidikan Islam Integral Mohammad Natsir Di Indonesia”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 10, No.2. 2016

Mohammad Natsir. Islam Sebagai Dasar Negara, Bandung: Sega Arsy, 2014.

Muallifah, Konsep Pendidikan Dalam Surah Al-Alag Ayat 15 (Studi Terhadap Tafsir Al-Azhar Karya Hamka), (Yogyakarta: Skripsi UIN Sunan Kalijaga, 2008

Munawar Kamaluddin. Mohammad Natsir; Rekonstruksi Terhadap Pemikirannya Tentang Pendidikan Pusaka Almaida : Makassar, 2016.

Nana Syaodih Sukmadinata,Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Natsir, Politik Santun Diantara Dua Rezim, Jakarta : Kepustakaan Populer, 2017.

Nisrokha, Konsep Kurikulum Pendidikan Islam (Studi Komparatif Pemikiran Al-Ghozali Dan Ibnu Miskawaih). Jurnal Madaniyah. Vol.1. Januari 2017.

S. Nasution, Asas-Asas Kurikulum. Cet, Ke 3 Jakarta: Bumi Aksara, 1999.

Siful Arifi, Model Integrasi Ilmu Umum Dan Ilmu Agama Di Ptain, 2010.

Syamsul Bahri, “Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya”. Jurnal Islam Futura, Vol Xi, Ni.1, (Agustus,2008).

Downloads

Published

2021-02-25