PERAN GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS AL-ANSHOR AMBON

Penulis

  • Maryam Keliobas IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/kjim.v1i2.2055

Abstrak

Abstract the results showed that, (1) the role of teachers of hadith subjects in improving the ability to read the Qur'an in grade VII students in MTs Al-Anshor Ambon, implementing several systems including: (a) Implementing Reading the Qur'an before the learning process begins, (b) involving parental participation, (c) providing special or additional tasks, (d) Providing motivation for learners, (e) Utilization of learning resources. (2) several supporting factors, namely (a) the availability of educators, (b) adequate facilities and training, especially Iqro and the Qur'an, (c) the strong willingness of learners to learn to read the Qur'an, (d) the pesantren environment. While the inhibitory factors, namely: (a) Students who have not been able to read the Qur'an smoothly (b) limitations of lesson hours (c) no special program. Keywords: Role of Guru Mapel al-Qur'an Hadith, Improved Reading of the Qur'an Abstrak hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) peran guru mata pelajaran al-Qur’an hadist dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an pada peserta didik kelas VII di MTs Al-Anshor Ambon, menerapkan beberapa sistem diantaranya: (a) Menerapkan Membaca al-Qur’an sebelum proses pembelajaran dimulai, (b) melibatkan partisipasi orang tua, (c) memberikan tugas khusus atau tambahan, (d) Memberikan motivasi bagi peserta didik, (e) Pemanfaatan sumber belajar. (2) beberapa faktor pendukung yaitu (a) ketersediaan tenaga pendidik, (b) sarana dan prasaran yang memadai khususnya Iqro dan al-Qur’an, (c) kemauan yang kuat dari peserta didik untuk belajar membaca al-Qur’an, (d) lingkungan pesantren. Sedangkan faktor penghambat, yaitu: (a) Peserta didik yang belum bisa membaca al-Qur’an dengan lancar (b) keterbatasan jam pelajaran (c) tidak ada program khusus. Kata Kunci: Peran Guru Mapel al-Qur’an Hadits, Peningkatan Membaca al-Qur’an

Referensi

Atamimi, Afandi Mahatir. Peran Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ambon, Skripsi Sarjana Pendidikan,: Ambon: 2016.

Gunawan Adi, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Surabaya: Kartika 2003.

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, (Jakarta : Rajawali Pres, 2011.

M, Silatonga Dkk. Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas III SMP Utara:Membaca dan Menulis, Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.

Musfah, Jejen. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik, Jakarta: Kencana, 2011, cet ke-1.

Sabri Alisuf M . Psikologi Pendidikan, Jakarta : Pedoman Ilmu Jaya, 2007.

Undang-undang No. 14 Pasal 1 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3.

Winarno dan Situmorang J.B. Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik, Jakarta: PT Indeks. 2011.

Diterbitkan

2021-09-10

Terbitan

Bagian

Articles