PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA AL-FATAH AMBON

Penulis

  • Juwiti Umaternate IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/kjim.v2i1.2071

Abstrak

Abstrak: Guru yang profesional adalah mereka yang mengambil keahlian khusus untuk tujuan organisasi pendidikan atau sekolah guna menciptakan loncatan besar terhadap sekolah maupun terhadap peserta didik dalam pengembangan kualitas pembelajaran untuk mencapai hasil yang maksimal. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana profesionalitas guru pendidikan agama islam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MA Al-Fatah Ambon dan apa saja faktor pendudukung dan penghambat guru pendidikan agama islam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MA Al-Fatah Ambon. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan waktu penelitian yang dimulai dari tanggal 12 Desember 2018 sampai dengan tanggal 10 Januari 2019. Informan dalam penelitian ini adalah 4 orang dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisi dengan menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan profesionalitas guru pendidikan agama Islam di MA Al-Fatah Ambon digambarkan dalam kemampuan pedagogik, kemampuan kepribadian, kemampuan sosial dan kemampuan profesional, diman guru harus dapat dan kemampuan menguasai bidang studi dapat dilihat dari latar belakang pendidikan guru yang memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas, kemampuan memahami peserta didik melalui pendekatan secara individual untuk mendiagnosis kesulitan dan permasalahan peserta didik sehingga. Dan selain itu untuk meningkatkan profesionalitas kinerjanya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan, seminar, workshop. Apabila guru sudah profesional otomatis hasil peserta didik juga akan meningkat. Dengan asumsi bahwa guru yang mempunyai ketrampilan mengajar yang baik akan dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik pula. Oleh karena itu makin profesional guru yang mengajar maka makin baik pula hasil belajar peserta didik. Berkenaan dengan faktor yang mendukung profesionalitas guru pendidikan agama Islam di MA Al-Fatah Ambon adalah adanya pengawasan yang ketat dari kepala sekolah sehingga mentidakibatkan guru berdisiplin, diberlakukannya manajemen yang berbasiskan pada sekolah (MBM), terbentuknya tertib administrasi yang rapi, dan diikutkannya guru PAI dalam berbagai acara sebagai upaya peningkatan profesionalitasnya. Sedangkan hal yang menghambat profesionalitas guru di sekolah ini adalah adanya sebagian guru yang hadir di sekolah hanya pada saat-saat jam mengajar atau tidak ful time. Sehingga hal ini mengganggu guru lainnya yang lebih baik (profesional). Kata Kunci: Profesionalitas, Guru Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar

Referensi

Abdul Majid & Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004 (Cet. II; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005), hlm. 132

Dedi Supriyadi, Mengangkat Citra dan Martabat Guru, (Yogyakarta: Adicita Karya Nusantara: 2002), h. 39.

Departemen Agama RI, UU RI Thlm.2005 tentang Guru dan Dosen serta UU RI No.20 Thlm.2003 tentang SISDIKNAS), hlm. 56

E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007), h 138.

Hery Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam (Cet. II; Jakarta: Logos, 1999), hlm. 16

HM. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam (Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara, 2004), hlm.100

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004, hlm. 4.

Mohlm. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional (Cet. XX; Bandung: Remaja Rosydakarya, 2006), hlm.19

Muktar dan A.Priambodo, Mengukir Prestasi Panduan Menjadi Guru Profesional, (Jakarta: CV. Misaka Galiza, 2001), hlm. 29.

Murni Kabalmay, S.Pd.I, Kepala MA Al-Fatah Ambon, Wawancara tanggal 12 Desember 2018.

Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosydakarya: 2004.

Diterbitkan

2021-09-13