PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH MELATI

Penulis

  • Wa Ama Banauwe IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/kjim.v3i2.2589

Kata Kunci:

rofesional Guru, Motivasi Siswa.

Abstrak

Abstract Teachers who are professionals not only as educators and teachers also act as motivators for their students. The type of research used is qualitative research. This research is qualitative research using observation, interview and documentation methods. The results showed: (1) Professionalism of Islamic Education Teachers in increasing motivation and developing creative materials (2) Motivation to Learn PAI Class VII students are by, giving assignments, giving grades and giving praise to students, showing passion in teaching, controlling or paying attention to students and using varied methods when teaching (3) As for the results of pai teacher efforts in motivating class VII learning at Muhammadiyah Melati Junior High School by giving praise,  Grades, assignments, showing passion in teaching and encouraging students to work with their friends if they have difficulty in learning. So that the motivation has an impact on the spirit of students in learning, such as noting important things described by the teacher, students are active in asking for material that is not yet understood and students are very enthusiastic when working on tasks given by teachers.

Keywords: Teacher's Professional, Student Motivation.

 

Abstrak Guru yang profesional tidak hanya sebagai pendidik dan pengajar juga berperan sebagai motivator bagi siswanya. Tipe penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi suswa dan mengembangkan materi secara kreatif (2) Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas VII adalah dengan, memberikan tugas, memberi nilai dan memberi pujian kepada siswa, menunjukkan semangat dalam mengajar, mengontrol atau memperhatikan peseta didik dan menggunakan metode yang bervariasi saat mengajar (3) Adapun hasil upaya guru PAI dalam memotivasi belajar kelas VII di SMP Muhammadiyah Melati dengan memberikan pujian, nilai, tugas, menunjukkan semangat dalam mengajar dan memberikan dorongan kepada siswa untuk bekerjasama dengan temannya apabila mengalami kesulitan dalam belajar. Sehingga motivasi tersebut berdampak pada bersemangatnya siswa dalam belajar, seperti mencatat hal-hal penting yang dijelaskan guru, siswa aktif dalam menanyakan materi yang belum dipahami dan siswa sangat antusias saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Kata Kunci : Frofesional Guru, Motivasi Siswa.

Referensi

A.M, Sardiman. 1998. Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta: CV.Rajawali, 1998.

Departemen agama RI. 2003. memahami paradigma baru pendidikan nasional dalam UU sisdiknas, jakarta : direktorat jenderal kelembagaan agama islam.

Mulyasa. E. 2006. kurikulum yang disempurkan. Bandung : Rosdakarya.

Nashar. 2008. peranan motivasi dan kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran. Jakarta:Delia press, 2004.

Nata, Abuddin. 2009. Akhlak Tasawuf, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Shaleh. Asrorun ni’am. Membangun profesionalitas guru, Jakarta: Elses ,2006.

Surya, Mohammad. 2006. percikan perjuangan guru menuju profesional ,sejahtera danterlindungi. Bandung:pustaka Bani Quraisy.

Undang-undang sisdiknas 2003, (UU RI NO . 20 TH. 2003), Jakarta :sinar grafika 2007.

Usman, M.Uzer. 2008. Menjadi guru profesional,Bandung : Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2021-03-09