PERAN TENAGA PENGAJAR DALAM PENNGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AL QUR'AN DI TPQ AL HIJRAH 2 DESA KAHENA KEC.SIRIMAU KOTA AMBON

Penulis

  • rahmawati rumalutur mahasiswa PAI FITK IAIN AMBON
  • nurhasanah nurhasanah Dosen PAI FITK IAIN AMBON

DOI:

https://doi.org/10.33477/kjim.v4i1.2920

Kata Kunci:

Kata Kunci, Tenaga Pengajar, Peningkatan Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an.

Abstrak

Dalam dunia pendidikan tentu di dalamnya ada peran seorang guru sebagai pengajar, guru dituntut untuk melakuan sebuah perubahan dalam dunia pendidikan, diantaranya guru berperan dalam peningkatan kualitas pembelajaran dalam dunia pendidikan formal, informal maupun nonformal. Dan proses pembelajaran di TPQ Al-Hijrah 2 saat ini masih kurangnya peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur’an baik itu dari anak-anak itu sendiri maupun dari tenaga pengajar. Serta masih kurangnya kualitas bacaan Al-Qur’an anak-anak. Untuk itu peneliti ingin melihat peran tenaga pengajar TPQ Al-Hijrah 2 dalam peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al-Hijrah 2, dan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana Peran Tenaga Pengajar Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al-Hijrah 2 Desa Kahena Kec, Sirimau Kota Ambon. (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat peran tenaga pengajar dalam peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al-Hijrah 2 Desa Kahena Kec, Sirimau Kota Ambon . Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2021 -18 September 2021 di TPQ Al-Hijrah 2. Dengan sumber data dalam penelitian ini adalah 4 para tenaga pengajar yaitu 1 pimpinana dan 3 orang tenaga pengajar.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa adapun peran tenaga pengajar dalam peningkatan kualias pembelajara Al-Qur’an di TPQ Al-Hijrah 2: (1) sebagai Pembimbing, memberikan motivasi serta nasehat kepada para peserta didik atau santri dan selalu sabar dalam membimbing santri yang lambat dan sulit dalam bacaan mengajinya. Sebagi Pendidik, para tenaga pengajar selalu mendidik para santri mengenai kedisiplinan datang mengaji, memberikan nasehat dan memberikan hukuman hafalan bila santri melakukan kesahalahan. Sebagai Pengajar, para tenaga pengajar diharuskan menguasai materi yang diberikan kepada para santri berupa fikih ibadah, hukum bacaan, ilmu tajwid, makhrojal huruf. (2) Faktor Pendukung adalah tersedianya ruang TPQ yang cukup yakni 2 ruang TPQ untuk kelas Iqro dan Al-Qur’an, tersedianya Al-Qur’an dan Iqro sebanyak 30 Al-Quran dan 30 Iqro, tersedianya para tenaga pengajar, dukungan orang tua santri dalam kedisiplinan santri datang mengaji dan Kedisiplinan yang berlaku di TPQ Al-Hijrah 2 Desa Kahena Kec. Sirimau Kota Ambon. Faktor Penghambat adalah Kurangnya tenaga pengajar, teman yang cenderung mengajak bermain dan kurangnya perhatian dari orang tua santri untuk menjaga hafalan anak di rumah dan karakter dan sifat santri yang berbeda-beda.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Abidin Zainal, 2011 530 Hadis Shahih Bukhari Muslim Jakarta: Rineka Cipta,

Aminudin Rasyad, 2003 Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jakarata: Uhamka Press,

Arifin, 2002,Perbandingan Pendidikan Islam,Jakarta : Rineka Cipta,

Arifin, 2017,Upaya Diri Menjadi Guru Profesional, Bandung: Alfabeta,

Djamarah Bahri syaiful, 2010 Guru Dan Anak Didik Dalam Interaktif Edukatif Jakarta:

Rineka Cipta,

Djamarah Bahri Syaiful Dan Zain Azwan, 2002,Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta)

Fikri, Institut Agama Islam Maarif Nu Iaim Nu Metro Lampung

Hamalik Oemar, 2005 ,Mengajar-Azas-Metode-Teknink, Pustaka Martina, Bandung,

Hamzah B, Uno, 2010,Profesi Kependidikan Jakarta: Bumi Aksara

Human As’ad, 2000,Buku Iqro’, Cara Cepat Baca Al Quran, Jilid 1-6, Yogyakarta: Team Tadarus Amm,

Ibid, hlm. 61.

Ibid, hlm. 578.

Kunandar, 2009, Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru Jakarta: Raja Wali Pers

Kementrian Agama Republik Indonesia, 2010 ,Atajwid Dan Terjemahanya Dilengkapi Dengan Asbabun Nuzul Dan Hadis Shahih, Bandung: Sygma Examedia Arkanleema,

Ibid, hlm. 578.

Kemenag Ri, 2020 Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 91, Tentang Petunjuk Pelaksanaan Peyelenggaraan Pendidikan Al-Qur’an.

Mahmud, 2011,Pendidikan Pemikiran Islam, Bandung: Pustaka Setia

Muhaimin, 2005, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Mulyasa, 2005 Menjadi Guru Menciptakan Pelajaran Kreatif Dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

Muhaisin Salim, 2000 Biografi Al-Qur’an Al- Karim, Surabaya : Dwi Marga

Mz Syamsuddin, 1998 Panduan Kurikulum Dan Pengajaran Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an Jakarta: Lpptk Pusat

Muhaimin, 2005,Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Murynis Dan Romli, 2003,Pendidikan Luar Sekolah, Jakarta: Depag Ri,

Malik Abdul Hatta, 2013Pemberdayaan Taman Pendidikan Al Quran TPQ Al Husna Pasdena, Semarang, Jurna Dimas.

Mu‟Min, 1991,Petunjuk Praktis Pengelolaan Tk Al-Qur’an,Fikati Aneka, Jakarta: Rineka Cipta

Mulyasa dan Hamalik Umar, Rochyati Umi dan Ratna, Wardani. 2003,Jurnal Peningkaan Kualitas Pembelajara Dan Charaer Building

Nasional Pendidikan Departemen, 2008 Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

Naim Ngainun , 2009, Menjadi Guru Inspiratif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Nata Abuddin, 2009,Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana,

Ompri, 2015,Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Peserta Didik, Bandung: Remaja Posdakarya,

Poerwadarminta W.J.S, 2007 Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka

Rusman, 2013, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo

Ramayulis, 2010 Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia,

Ramayulis, 2002, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia,

Rohmawati Annisa’ Nur Awaliana,2021 Pentingnya Kompetensi Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sd Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan/ Universitas Yogyakarta

Syah Muhibbin , 2016 Psikolog Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana Nanan,1989, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press

Suharsaputra Uhar, 2010, Administrasi Pendidikan, Bandung: Refika Aditama,

Suryadi Ahmad Rudi Dan Sanusi Uci, 2015, Kenali Dirimu Upaya Memahami Manusia Dalam Al-Qur’an, , Yogyakarata: Depbublish

Syaifullah Muhammad, 2016 "Tingkat Kesejahteraan Guru Taman Pendidikan Alqur’an Nahlatul Ulama Kota Metro Sudi Kasus Kajian Sosio Ekonomi", Dalam

Syatra Yusvavera Nuni, 2013,Desain Relasi Efektif Guru Dan Murid, Jogjakarta: Buku Biru

Sanjaya Wina, 2007, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana,

Uno B. Hamzah, 2007,Metode Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif , Jakarta: Bumi Aksara

Umar, 2019, Pengantar Profesi Keguruan Depok: Raja Grafindo,

Wijaya Cece. Dkk, 1992, Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan Dan Pembaharuan Dan Pengajaran Bandung: Remaja Rosdakarya,

Yunus Mahmud, 1985, Sejarah Pendidikan Islam Indonesia, Jakarta: Hidakarya Agung

Yunus Mahmud, 1993, Metode Khusus Bahasa Arab, Jakarta: Hidakarya Agung,

Diterbitkan

2022-07-11