PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII MTS DDI SEPPANGE
DOI:
https://doi.org/10.33477/kjim.v4i2.5736Abstrak
Abstract: The purpose of this study is to improve the learning activities of students through CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) Cooperative learning in Class VII akidah ahlak subjects at MTs DDI Seppange. This research is a Class Action Research (PTK) conducted at MTs DDI Seppange class VII on the subject of akidah ahlak, with 23 research subjects. This Class Action Research uses Hopkisn's model which consists of two cycles at each stage of the cycle consisting of planning, implementing actions, observation and reflection. Data collection techniques use observation, and documentation. The data analysis used is descriptive qualitative analysis. The results showed that through CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) Cooperative learning, student learning activities in class VII MTS DDI Seppange for the 2021/2022 Academic Year can be improved. This is evidenced by the increase in learners' learning activities before the action and after the action through 2 cycles. Likewise with student activity in discussions, doing assignments and being creative and critical in responding to questions, both from teachers and from students themselves. Thus, it has met the predetermined performance indicators, namely seen from the improvement of quantitative and qualitative data based on the Minimum Completeness Criteria (KKM) MTs DDI Seppange.
Keywords: Learning activities, CIRCK
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktifitas belajar peserta didik melalui pembelajaran Kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) pada mata pelajaran akidah ahlak Kelas VII di MTS DDI Seppange. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di MTs DDI Seppange kelas VII pada mata pelajaran akidah ahlak, dengan subyek penelitian berjumlah 23 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Hopkisn’s yang terdiri atas dua siklus pada setiap tahapan siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa melalui pembelajaran Kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) aktifitas belajar siswa pada kelas VII MTS DDI Seppange Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat ditingkatkan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya aktifitas belajar peserta didik sebelum tindakan dan setelah tindakan melalui 2 siklus. Begitu pula dengan keaktifan siswa dalam diskusi, mengerjakan tugas serta kreatif dan kritis dalam merespon/menanggapi pertanyaan, baik yang bersumber dari guru maupun dari peserta didik sendiri. Dengan demikian, maka telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu dilihat dari peningkatan data kuantitatif maupun kualitatif berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) MTS DDI Seppange.
Kata kunci: aktivitas belajar, CIRC
Referensi
Aprilentina et al. (2020) ‘Penggunaan Metode Circ Pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa’, Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 16(30), pp. 173–182. doi: 10.36456/bp.vol16.no30.a2715.
Batubara, M. H. (2016) ‘Efektivitas Metode CIRC terhadap Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah di Tanah Gayo’, Jurnal As-Salam, 1(1), pp. 40–49.
Detalia, M., Kartono, N. and Sugianto, D. (2015) ‘Unnes Journal of Mathematics Education Research Info Artikel’, 1(2). Available at: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer.
Emas Marlin (2019) ‘Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Pada Pembelajaran Matematika Melalui Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Emas’, Metamorfosis, 12, pp. 12–16. Available at: http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis.
Jenisa, K. and Lubis, A. (2016) ‘Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X Tgb Smk Negeri 1 Lubuk Pakam’, Educational Building, 2(1), pp. 77–86. doi: 10.24114/eb.v2i1.3850.
Jumaeda, S. (2022) ‘Evaluasi Program Pembelajaran di Madrasah Aliayah Negeri Ambon’, al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), pp. 83–98.
St. Jumaeda, S. N. alam (2021) ‘Penerapan Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Akhlak Terpuji Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Kelas VIII MTs DDI Seppange Kabupaten Bone’, al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), pp. 16–29.
Parinu, K. L. W., Darmawiguna, I. G. M. and Wahyuni, D. S. (2013) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VII (Studi Kasus : SMP Negeri 4 Singaraja) Tahun Ajaran 2012/2013’, Karmapati, 2(6), pp. 731–735.
Sari, A. I. C. and Vhalery, R. (2021) ‘Perbandingan Model Pembelajaran Koperatif Tipe CRC dan TTW pada Aktivitas Belajar Mahasiswa’, SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3), pp. 300–309. doi: 10.30998/sap.v5i3.7450.
Undang-undang RI Nomor 20 tanun 2003 (2003) ‘No Title’, in Sistem Pendididikan Nasional.
Wahyuni, S. (2018) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sungai Penuh, Provinsi Jambi’, UNES Journal of Education Scienties Volume, Vol. 2(No. 2), pp. 10–16.
Yusuf Aditya, D. (2016) ‘Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa’, SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), pp. 165–174. doi: 10.30998/sap.v1i2.1023.