IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI 169 KECAMATAN TELUTIH

Authors

  • fadila jaha IAIN Ambon
  • Ridhwan Latuapo IAIN Ambon
  • Siti Nurjanah IAIN Ambon

Abstract

Abstrak.Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa merupakan suatu landasan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Nilai –nilai Pancasila sangat perlu ditanamkan dalam diri setiap individu dan pemahaman nilai-nilai tersebut harus diajarkan sejak dini untuk mewujudkan generasi yang berpancasila, berbudi pekerti danberkarakter. Implementasi nilai-nilai Pancasila dapat diberikan sejak dini melalui pendidikan yakni dilakukan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran dilakukandenganmengintegrasikan nilai dan norma yang ada dalam sila-sila Pancasila. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan contoh tutur kata dan tingah laku yang baik, artinya dalammengimplemantasikan nilai Pancasila kepada pesertadidik dengan melandaskan pada nilai, moral dan norma. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi..nilai-nilai Pancasila.dalam meningkatkan karakter peserta.didik, di SD Negeri 169 Maluku Tengah.Jenis dan pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini ialah peserta didik Kelas III yang berjumlah 15 orang diSD Negeri 169 Kecamatan Telutih. Hasil dari Penelitian ini menunjukan bahwa dengan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila melaluipembelajarandapat meningkatkan karakter peserta didik, dilihat dari sikap dan juga tindakan mereka yang sudah mencerminkan nilai-nilai Pancasila terkhususnya pada sila kesatu yakni Ketuhanan yang Maha Esa dan juga sila ketiga Persatuan Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan sekolah seperti melaksanakan perbuatan-perbuatan luhur, melaksanakan sholat berjamaah bersama, menghargai perbedaan, menghormati para guru dan juga orang yang lebih tua, mengikuti upacara bendera dengan penuh semangat, cinta pada tanah air dan dibuktikan melalui peduli terhadap lingkungan dengan membersihkan area lingkungan sekitar serta memelihara tanaman.


Kata kunci: Implementasi, PendidikanKarakter, SekolahDasar

References

Dewi, Ayu Kusuma Tria. 2019. Implementasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah dasar-Melalui Budaya Sekolah. Jurnal-Pendidikan. Vol. 4. Nomor. 2.

Banawi Anasufi. 2013. Mata Pelajaran Ipa-Fisika dan Pembentukan Karakter Peserta Didik. Horizon Pendidikan. Vol. 8. Nomor 1.

Farida Nugrahani. 2014. Metode..Penelitian Kualitatif. Surakarta.

Fira Ayu Dwiputri, Dinie Anggraeni. 2021. Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak..Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 5 No. 1

https:// www.kai.or.id/berita /18532/ tujuan - pendidikan - nasional-menurut – undang - undang – no - 20 tahun - 2003. html, diakses.tanggal 19 Desember 2021, pukul 09:15 wit..

M Idrus. 2007. Metode Penelitian Ilmu-ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. UII Pres. Yogyakarta.

Kusuma Aryuna Dewi. 2019. Implementasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah dasar Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan, Vol.4, Nomor.2

Kusumastuti Adhi. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang.

Khosiah Nur. 2020. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas-Probolinggo. Jurnal Studi Keislaman. Vol 6. No 1.

Masruroh.2018. Membentuk...Karakter~Peduli Lingkungan Dengan Pendidikan. Jurnal Pendidikan..Geografis. Vol 18. No 2.

Nurdin Usman. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Grasindo. Jakarta.

Nur Khosiah. 2020. Implementasi.Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas-Probolinggo. Jurnal Studi Keislaman. Vol 6. No 1.

Purnomo Wahyu. 2016. Sila Pada Pancasila dalam Al-qur’an. Kompasiana.

Samani Muchlas dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.

Siti Nurjanah. 2020. Pendidikan Nilai Budi Pekerti Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Lingue : Bahasa, Budaya, Sastra. Vol2, No. 1.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Syafril, M.Pd, Drs. Zelhendri Zen, M.Pd. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Kencana. Depok.

Syarifah Siti Hasbiyah. 2016. Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di SDN Merjosari 2 Malang. Skripsi. Malang.

Taufik Abdillah Syukur. 2014. Pendidikan Karakter Berbasis Hadits. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Downloads

Additional Files

Published

2023-06-21