STUDI PERBANDINGAN PERMAIANAN TRADISIONAL DAN GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU AL-ANSHOR AMBON
Abstract
Farrahiyah A. Putry Elly, NIM. 190305015. Pembimbing I Dr. Ridwan Latuapo, M. Pd. I dan Pembimbing II Iga Intan Ayu Candra, M. Pd. Judul "Studi Perbandingan Permainan Tradisional dan Game Online Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di Kelas IV MIT-Al Anshor Ambon" Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ambon (IAIN) Ambon,2023. Tujuan dari penelitian ini ialah agar mengetahui dampak dari permainan tradisional dan game online terhadap minat belajar peserta didik kelas IV di MIT Al-Anshor Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh, yaitu seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 42 peserta didik. Teknik pengumpulan data serta instrumen yang digunakan yaitu tes (PG) dan juga non tes meliputi (observasi, dokumentasi dan angket). Diketahui nilai rata-rata pretest dan posttest peserta didik yang bermain permainan tradisional 75, 48 . dan peserta didik yang bermain game online 64,48. Hasil angket peserta didik yang mana peserta didik yang bermain permainan tradisional dengan persentase sebesar 90% dan yang bermain game online dengan jumlah persentase sebesar 85% yang mana dampak dari permainan tradisional lebih berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Dari hasil analisis uji inferensial berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t terdapat perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang bermain permainan tradisional dan game online yang mana nilai signifikansi 0,001 yang mana ˂ dari 0,005, maka Ho ditolak dan Hα di terima. Yang berarti terdapat perbandingan antara peserta didik yang bermain game online dan yang bermain permainan tradisional. Dengan demikian permainan tradisional lebih memberikan dampak yang baik terhadap minat belajar peserta didik kelas IV serta terdapat perbandingan minat belajar antara peserta didik yang menggunakan permainan tradisional dan game online. Vol. Tidak. 20 p-ISSN: dan e-ISSN: ProgramStudiPendidikanGuruMadrasahIbtidaiyah IAINAmbon Kata Kunci: Minat Belajar, Permainan Tradisional dan Game OnlineReferences
Abdussamad,. & Zuhri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar :Syakir MediaPres,
ISBN: 978-623-97534-3-6. 79
Abdul, R., Revilla, M., & Fadila, A. (2022). Perbandingan minat belajar siswa antar sistem
pembelajaran luring dan daring di kelas V SDI Al-Azhar 47 Samarinda. Jurnal
Pendidikan Guru MI, ISSN:2809-7203. Vol.1 No. 2
Adeng, & Hudaya. (2018). Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar
peserta didik. Researchand Development Journalof Education,4 (2)
Afiatin, & Nisa. (2017). Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap
prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1):1
Arief, A., Rahman, M., & Febri, F. (2020). Analisis dampak negatif kecanduan gameonline
terhadap minat belajar siswa di kelas tinggi SDN UjongTanjong. Genta Mulia:
Jurnal Ilmiah Pendidikan 11.1
Ali, M., & Abd, G. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran CooperativeLearning Dalam
Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. EL FATA: Jurnal Ilmu
Tarbiyah. Vol 1 No. 02.
Akrim. (2021). Strategi peningkatan daya minat belajar siswa. UNIPMA Press, ISBN:978-
-0725-14-7. Medan 1 Januari, 25
Akbari, & Si, W. (2009). The EffectOfTraditional Games In Fundamental Motor Skill.
Development in 79 Year Old Boys. IranianJournal Of Pediatrics, Vol. 19 (2) : 123-