PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 1 AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Tematik muatan pelajaran IPA peserta didik kelas IV SD MIN 1 Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan one group pretest-posttest. Desain pada penelitian ini yaitu one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di MIN 1 Ambon terakreditasi A. Sampel dalam penelitian ialah peserta didik kelas IVC MIN Ambon berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis terdiri atas indikator kemampuan berpikir lancar (fluency), kemampuan berpikir luwes (flexibility), kemampuan berpikir orisinil (originality), dan kemampuan berpikir merinci (elaboration). penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran tematik muatan pelajaran IPA peserta didik kelas IV MIN 1 Ambon. Penelitian ini juga menghasilkan proyek kolase dengan baik sehingga berpengaruh terhadap dimensi kemampuan berpikir lancar (fluency), kemampuan berpikir luwes (flexibility), kemampuan berpikir orisinil (originality kemampuan berpikir merinci (elaboration), kemampuan berpikir menilai (evaluation). Kata Kunci : Model Project Based LearningReferences
Andri Tri Nugroho, Tri Jalmo, Arwin Surbakti, Pengaruh Model Project Bassed Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kreatif
Arikunto. S. 2017 Pengembangan instrument penelitian dan penilaian program Yogyakarta pustaka belaja
Bono dalam Santi Puspita Sari, Uus Munzilatusifa, Sungging Hondoko . 2021. Program Studi Prndidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Creswell, J.W. 2016. Reseach design: pendekatan kualitatif. Kuantitatif, dan mixsed (terjemahan achmad fawaid). California: thousand okas
Daryanto dalam Dean Dinanti. 2022. Pengembangan E-Modul Genetika Molekuler Berbasis STEM-Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi Socio Scientific Issue (SSI) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi
DJamarah dan zain Putri Dewi anggriani 2021 analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifa siswa journal pendidikan admistrasi perkotaan (JPAP) program pendidikan administrasi perkotaan, fakultas ekonomi, universitasnegri Surabaya
D.S.S.S Utomo Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Batik Menggunkan Metode Project Bassed Learning Pada Siswa Kelas VIII Gg SMP N 1 Trucuk Kabupaten Klaten
Eka titik pratiwi¹. 2020. Kemampuan berpikir kritis siswa sd dengan model pembelajaran prolem-based learning dan model pembelajaran project-based learning
Hana Nur Fadillah. 2022. Penerapan model project based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran ips kelas v sdn 01 sidoharjo pringsewu
Hayatun Na’imah. 2016. Bahjatul Mardhiah Mazahib, 168-181,
Imam gunawan. 2013. Jakarta: Bumi Aksara metode penelitian kualitatif; teori dan praktik
Jaja Sudarjat Parid Abdulloh. 2022. Universitas Pakuan Bogor Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning)
Kurniawan Sandi, Yeni suryaningsih, Aden Arif Gaffar . 2019. Penerapan model pebelajaran project bassed larning untuk meningkatkan lemampuan berpikir kreatif peserta didik
Masimiliano Palmiero, Raffaella Nori, Vincenzo Aloisi, Martina Ferrara Laura 2018
Muhammad Idrus, 2009, metode penelitian ilmu sosial: pendekatan kualitatif. Jakarta : Erlangga
Munandar dalam Zahra Fuziana,. 2019. Pengaruh penggunaan model project bassed learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, Universitas pasaudan Bandung
Oktavianti.2021. pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis hasil belajar biologi kelas x IPA YP unila Bandar lampung. Project based learning (PJBL) dan problem based learning (PBL) berbantuan media monopoli terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal ilmiah pendidikan
Okta Aji Saputro, Theresia Sri Rahayu. 2020. Perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran
Rika nanda fitrika, Jakarta 202. penggunaan model project bassed learning (PJBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan mahasiswa di dunia (studi meta-analisis) program studi tadris fisika universitas islam negeri syarif hidayatullah
Rona taula sari Siska Angerni. 2018, penerapan model pembelajaran project bassed learning (PjBL) upaya meningkatkan kreatifitas mahasiswa, vol, 30 No.1, pendidikan guru sekolah dasar universitas bung hatta
Rina Surya Nita, Irwandi. Universitas muhamadia Bengkulu. 2021, peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa memlui model project bassed learning (PjBL) Volume 4, nomor 2,
Shinta Puspita Sari, Uus Mnzilatusifa,Sungging Handoko.2019 Penerapan Model Project Bassed Leraning (PJBL) Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Peserta Didik
Yelza Sonia Putri, Siska Alicia Farma Rahmadani Fitri, Ganda Hijrah Selaras, Padang 2021 Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang