PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PESERTA DIDIK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL (BAKIAK) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) I AMBON

Authors

  • Rita Bessy IAIN AMBON
  • Sarfa Waasahua
  • Eman Wahyudi Kasim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai karakter peserta didik melalui permainan tradisional bakiak di MIN I Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan identifikasi populasi penelitian adalah siswa kelas IV A, B dan C di MIN I Ambon. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dengan analisis model Miles dan Haberman, yaitu pengumpulan data, reduksi dan penyajian data. Triangulasi sumber dan teknik digunakan untuk memvalidasi data. Hasil temuan dan pembahasan menunjukkan bahwa permainan tradisional bakiak dapat dimainkan dengan baik dan memiliki berbagai nilai kepribadian seperti nilai bersahabat/komunikatif, nilai kerja keras, nilai kejujuran, nilai tanggung jawab, nilai kemandirian, dan nilai kepedulian sosial yang dapat ditanamkan kepada para peserta.

References

Alfi Dwi Cahyani, dkk. (2019) "Penguatan Pendidikan KarakterKetekunanPada Anak Melalui Permainan Tradisional Engklekdi Dusun Pule, TegalranduSrumbung, Magelang",Jurnal Kajian Sosiologi, Vol. 8 No.1 .

Amridha, Rahyudin, (2020) Jurnal Sipatokkong “Meningkatkan kerja sama anak 6-7 tahun melalui permainan tradisional bakiak.” Universitas Negeri Makassar, Fakultas Ilmu olahraga.

Aqobah, Q. J., Ali, M., Decheline, G., & Raharja, A. T. (2020).Mengembangkan perilaku kolaboratif pada anak usia dini melalui permainan tradisional. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus).

Euis Kurniati, (2016), "Permainan tradisional dan perannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak.". Jakarta: Pranan Media Group.

Fadlillah, M dan Khorida (2013). Pendidikan karakter anak usia dini. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Helvana, N., & Hidayat, S. (2020). Permainan tradisional untuk mengembangkan karakter anak. JurnalIlmu Pengajaran Kelas, 7(2),

Husein MR, M. (2021).MenurunnyaPermainan Tradisional.JurnalAntropologiAceh, 5(1), 1.

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif. Bandung

Lis nurhayati, (2012) “peran permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini,” jurnal emopowerment.vol I No 2. Hlm.39-40

Nugrahastutik, Puspitaningtyas, P. (2016). Nilai-Nilai KarakterDalamGame.JurnalPPKnProgresif, 7(4)Diunduhdarihttps://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8942/6503.

Nur, H. (2013). Membentuk karakter anak melalui permainan anak tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter. 3(1).

Nurul Fatiha & Gisela (2020)Degradasi Moral Peserta Didik di Masa Pandemi Nuwa Covid 19: Meneropong Keberadaan Guru Pendidikan Agama Islam. jurnal Desember.

Oki Witasari dan Novan Ardy Wiyani,(2020)"Permainan TradisionaluntukMembentuk Karakter Anak Usia Dini",Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini. Pengembangan, Vol. 2 No. 1, Juni,

Reo Prasetiyo dan Dhedhy Yuiawan,(2018)"Permainan Tradisional Sebagai Salah Satu Pemecah Masalah Karakter Bangsa",Prosiding Seminar Nasional IPTEKS Keolahragaan, 2018,

Rianto, H & Yuliana ningsih,(2021).Investigasi Nilai-nilai Karakter dalam Permainan Tradisional, Jurnal Pendidikan.vol.2.

Suryawan, I. . A. J. (2020). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Pelestarian Budaya dan Pembangunan Karakter Bangsa. Genta Hredaya.

Yanuardianto, E.(2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis dalam Menjawab Problem Pembelajaran di MI). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura. 1(2),

Downloads

Published

2023-12-19