UPAYA GURU KELAS DALAM MENANAMKAN SELF-AWARENESS BERBASIS KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM) MALUKU PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 AMBON

Authors

  • Safia Safia IAIN Ambon
  • Mohammad Rahanjamtel
  • Siti Nurjanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja upaya yang guru lakukan, faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam menanamkan Self-Awareness berbasis nilainilai kearifan lokal Maluku pada peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologis, teknik pengumpulan data melalui interview atau wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang guru lakukan untuk menanamkan Self-Awareness pada peserta didik berupa menjadi role model untuk peserta didik, pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal maluku dalam pembelajaran, memberikan bimbingan nasehat atau konseling terstruktur, mengontrol peserta didik dan melakukan kerjasama dengan orang tua/ wali peserta didik. Berdasarkan upaya tersebut tentunya memiliki faktor pendukung yang berasal dari eksternal peserta didik berupa pembiasaan di rumah, teman bergaul, dan budaya madrasah. Sedangkan faktor pendukung internal berupa pribadi peserta didik. Upaya ini juga memiliki faktor penghambat yang berasal dari eksternal peserta didik berupa faktor lingkungan yang kurang baik dan kegiatan Madrasah yang hanya berpatokan pada nilai-nilai agama. Sedangkan faktor penghambat internal berupa faktor psikologi peserta didik. Kata kunci: Guru Kelas, Self-Awareness, Nilai-nilai kearifan lokal Maluku

References

Nuraini Latifah, (2022), “Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika
SD/MI Kurikulum 2013”, (Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2). hlm 1-22
Palaunga R, Marzuki, (2017), “Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta
Didik diSekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman”, (Jurnal Pendidikan Karakter,
7(1). hlm 109-123
Patty R R, (2018), “Pemuda Masjid di Ambon Bantu Jaga Ibadah Natal di Gereja”,
(Kompas.com, https://amp.kompas.com/regional/read/2018/12/24/23303801/pemuda-masjid￾di-ambon-bantu-jaga-ibadah-natal-di-gereja). diakses pada 21 Januari 2023
Paranita D dan Fera D, (2018), “Peningkatan Self-Awareness Anak Usia Dini Melalui
Media Video Mitigasi Bencana Gunung Meletus”, (Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 4(2).
hlm 113-124
Rahmi Syarifah, (2022), “Kerja Sama Orang Tua Dan Guru Dalam Membentuk
Kepribadian Peserta Didik Di Sekolah”, (Jurnal Azkia, 16 (2). Hlm 463-476
Saidah Karimatus, (2018), “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pengenalan Nilai￾Nilai Kearifan Lokal di SDN Burengan 2 Kota Kediri”, (Tarbiyatuna, 2(1). hlm 30-39.
Salsabila Ghina, (2022), “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan
Kesadaran Berbusana Musliman Bagi Siswi Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Muaro
Jambi Provinsi Jambi”, (Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin).
Sari Nurmala, (2020), “Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membentuk
Karakter Siswa Sekolah Dasar”, (JPPP: Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, 1 (1).
hlm 27-37
Sopian Ahmad, (2016), “Tugas, Peran, dan Fugsi Guru Dalam Pendidikan”,
(Raudhah: Jurnal Pendidikan Islamiyah, 1 (1). hlm 88-97
Subadi Tjipto, (2006), “Metode Penelitian Kualitatif”, (Surakarta: Muhammadiyah
University Press).

Downloads

Published

2023-12-19