KOMPARASI BENTUK TES PILIHAN GANDA DENGAN TES MENJODOHKAN (MATCHING TEST) DITINJAU DARI TINGKAT KESUKARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN WAIMITAL KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.33477/alt.v1i1.186Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan bentuk tes pilihan ganda dengan tes menjodohkan ditinjau dari tingkat kesukaran butir soal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, artinya semua gejala diukur menggunakan besaran kuantitatis yang kemudian digeneralisasikan atau simpulan ditarik dari interpretasi terhadap angka-angka yang dihasilkan oleh perhitungan statistik maupun matematik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen tes hasil belajar Bahasa Arab siswa MAN Waimital. Bentuk intrumennya berupa pilihan ganda dan menjodohkan (matching test), kemudian skor dari tiap-tiap butir tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis butir dengan tujuan untuk menentukan tingkat kesukaran butir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI Madarasah Aliyah Negeri (MAN) Waimital tahun akademik 2015/2016. Dalam pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik acak sederhana (simple random sampling). Sampel penelitian sebanyak 200 siswa. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa untuk α = 0,05 dengan dk= 30 – 1 adalah 2,224 sedangkan nilai t = 0,224, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat kesukaran butir antara tes bentuk pilihan ganda dengan tes menjodohkan (matching test) pada mata pelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Waimital Kabupaten Seram Bagian BaratDownloads
Published
2016-06-02
Issue
Section
Articles