NILAI PENDIDIKAN MULTICULTURAL (KAJIAN TAFSIR AL-QUR’AN SURAH AL-HUJURAT AYAT 9-13)

Authors

  • Hayati Nufus Nur Khozin La Diman Institut Agama Islam Negeri Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v3i2.680

Abstract

Abstrak: Masalah dalam penelitian ini bagaimana nilai-nilai pendidikan multikultural dalam al-Qur’an surah Al-Hujurat ayat 9-13. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji alQuran surah Al-Hujurat ayat 9-13.Yang mengandung nilai-nilai pendidikan multikultural. Penelitian ini berjenis penilitian studi kepustakaan (library research) dengan mengunakan metode analisis isi melalui penafsiran 4 kitab tafsir yaitu. Tafsir Al-Misbah yang ditulis M. Qurais Shihab, Tafsir Jajalain yang ditulis Jalaluddi Al-Mahali dan Jalaluddin As-Suyuti, Tafsir Al-Maraghi yang ditulis Ahmad Mustafa Al-Maraghi, Tafsir Ibnu Katsir yang ditulis Al-Imam Abu Fida Ismail Ibnu Katsir dan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Analisis al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 9-13, mengandung 6 nilai-nilai pendidikan multikultural yaitu: 1. Memupuk nilai Persaudaraan dalam Perbedaan, 2. Saling Menghargai dan Saling Menghormati, 3. Menjauhkan diri dari Prasangka Buruk, 4. Bersikap Terbuka, 5. Membangun Sikap Toleransi, 6. Meningkatkan Ketakwaan Terhadap Allah SW. Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Multikultural Q.S.Al-Hujurat ayat 9-13.

References

Arifin Zainal, Penelitian Pendidikan Metode dan Pradigma Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014

Ali Fchry, Golongan Agama dan Etika Kekuasaan Keharusan Demokratisasi dalam Islam Indonesia, Surabaya: Risalah Gusti, 1996..

Achmad Sauqi, Ngainum Naim, Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Al-Ghazali Muhammad, Al-quran Kitab Zaman Kita Mengaplikasikan Pesan kitab Suci dalam Konteks Masa Kini, Bandung: PT Mizan Pustaka, 2008.

Ali, Muhammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Ad-Dimasqi, Al-Imam Abul Fida Ibnu Kasir ,Tafsir Ibnu Kasir Juz 26 al-Ahqaf terjemah 1 s.d. Az-Zariyat 30, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2008.

Al-Mahalli Imam Jalaluddin, Imam Jalaluddin As-Sayuti,Tafsir Jalalain Asbabun Nuzul Ayat Surat Al-Kahfi s.d. An-Nas, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2014.

Al-Maragi ,Ahmad Mustafa, Terjemah Tafsir Al-Maraghi, Semarang: CV. Toha Putra Semarang, 1993.

Ali Maksum, Plural dan Multikulturalisne Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam di Indonesia, Yogyakarta: Aditya Media, 2011.

Baidhawy Zakiyuddin, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Cet.2; Erlangga, 2005.

Depertemen Agama RI. Al-Qur’an & Terjemahan ( Mushaf Asy-Syarif).

Https://googlewebght.com/i?u=https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid%3D20110523193419AALDVJM&HL=id-iD, Diakses pada kamis 01 Maret 2018.

H.A.Rusdiana, Yaya Suryana, Pendidikan Multikultural Suatu Upaya Pemguatan Jati Diri bangsa Konsep Prinsip Implementasi, Bandung: Pustaka setia, 2015.

H.A.Rusdiana, Yaya SuryaPendidikan Multikultural Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa Konsep, Prinsip, Implementasi, Bandung: Cv Pustaka Setia, 2015.

Id.mobile.wikishia.net/index.php/surah Al-Hujurat, Di akses Selasa 8 mei 2018.

La Adu , Buku Daras Ilmu Pendidikan Islam, Makassar: Dua Satu Perss, 2013.

Munadzirah Umi, Prinsip-Prinsip Pendidikan Akhlak dan Aktualisasinya dalam Pembinaan Kepribadian Muslim,: Kajian Surah Al-Hujurat Ayat 11-13, 2007.

Muslim Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Untuk Siswa SMP, vol.2, 1,Maret 2016.

Muslim, Wahyunianto, Memburu Akar Pluralisme, Malang: Uiin Maliki Perss, 2010.

Mahfud, M. Choirul, Pendidikan Multikultural Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadila, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2006.

Quraish Shihab M, Tafsir Al-Mishbah Pesan Kesan dan Keserasian Al-Quran, Jakarta: Vol. 13;Lentera Hati, 2005.

Qurrotul Ainiyah, Keadailaan Gender Dalam Islam Konvensi PBB dalam Prespektif Mazhab Shafi’I, Malang: Instran Publishing, 2015.

Rohmah, Pendidikan Etika dalam Surah al-Hujurat Ayat 11-12 dan Implementasinya Terhadap Pendidikan Akhlak, 2006.

Sholachuddin, Achmad , Studi Analisis Tentang Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalm Kitab Al-Barzanji Bab 19

Syapdih Sukmadinata Nana, Metode Penelitian Pendidikan Penelitian; Memberikan Deskripsi Eksplanasi Prediksi dan juga Dasar-dasar Teoritis bagi Pengembangan Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Ukim Komarudin, M. Sukardjo, Landasan Pendidikan konsep dan Aplikasinya, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Www.edukasinesia.com/2016/09/apa-itu-nilai-pengertian-nilai-macam-macam-nilai-perbedaan-nilai-berdasarkan-ciri-cirinya-penjelasan-terlengkap-mengenai-nilai.html?m=1, Diakses pada kamis, 01 Maret 2018.

Yakin Haqqul, Agama dan Kekerasan dalam Transisi Demokrasi di Indonesia, Yogyakarta: Elsaq Pers, 2009.

Saddam Husein, R. U. S. S. (2018) ‘URGENSI PEMBELAJARAN AL- QUR ’ AN HADIST TERHADAP’, 3(1), pp. 1–13.

Downloads

Published

2018-12-14