ARAB LANGUAGE LEARNING MANAGEMENT IN PESANTREN
DOI:
https://doi.org/10.33477/alt.v4i1.819Keywords:
Manajemen, Pembelajaran, Bahasa Arab, Pondok PesantrenAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pembelajaran Bahasa Arab dengan segala problematikanya menuntut adanya variasi model dan pendekatan serta manajerial yang baik yang harus dilakukan oleh para pengajar maupun lembaga dalam hal ini pondok pesantren. Kesenjangan kompetensi awal antara masingmasing santri dalam satu rombongan belajar serta latar belakang pendidikan mereka yang beragam pula memberikan kontribusi permasalahan tersendiri bagi pengajar. Dengan mencoba mencari hubungan antara kompetensi dasar Bahasa Arab yang dimiliki santri dengan kondisi nyata lembaga, tulisan ini mencoba mencarikan titik temu antara proses pembelajaran Bahasa Arab dengan manajemen pembelajaran mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Pembelajaran keterampilan-keterampilan dasar bahasa yang meliputi mendengar (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah) dan menulis (kitabah) dilakukan dengan memperhatikan tingkat penguasaan awal santri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen pembelajaran bahasa Arab dalam rangka meningkatkan kemampuan santri dalam berbahasa sebagai alat komunikasi dan proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi pengembangan berbahasa Arab di lingkungan Pondok Pesantren.References
Al-Amin, Nurul Salis dan Syaputra, Erwin, Kemampuan Pengurus Rayon dalam
Ta’bir Tahriri di Pondok Modern Darussalam Gontor, Jurnal At Ta’dib, Vol. 11, No.
, Desember 2016
Ambarita, Alben. (2006). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Sistem.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
a l- i l t i z a m , Vol.4, No.1, Mei 2019
Bahri, Syaiful & Zain, Azwan. (2010). Setrategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka
Cipta.
Dahlan, Juwairiyah, (1992) Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab Surabaya:
al-Ikhlas.
Danarwati, Yanti Sri, SS., SE., MM. Manajemen Pembelajaran Dalam Upaya
Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jurnal Pendidikan.
Fatimah Kadir , St., Keterampilan Mengelola Kelas Dan Implementasinya
Dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 7 No. 2 JuliDesember
Hidayat,
Nandang Syarif, “Problematika Pembelajaran Bahsa Arab,” Jurnal
Pemikiran Islam 37, no. 1 (June 2012): 82–92.
Loeis, Wisnawati, “Metode Langsung Dalam Pembelajaran Bahasa Arab,”
Turats 7, no. 2 (Agustus 2011): 62–70.
Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar
Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Makruf, Imam, Manajemen Integrasi Pembelajaran Bahasa Arab di
Madrasah, Cendekia Vol. 14 No. 2, Juli - Desember 180
Mulyasa. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya. hlm.243
Nur, Jabal, Konsep Nadzariyyah Alwihdah Dalam Pembelajaran Bahasa
Arab, Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 8 No. 1, Januari-Juni 2015
Rayuni, Dewi, Manajemen Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 3
Palembang, Jurnal TA’DIB, Vol. XV No. 01. Edisi, Juni 2010
Shaleh, Abdul Rahman. 2004. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa: Visi,
Misi dan Aksi. Rajawali Press, Jakarta.
Suharmon, Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata
Pelajaran Bahasa Arab Melalui Latihan Komunikatif Di Mtsn Paninjauan
Kabupaten Tanah Datar Ta’dib Vol. 12, No. 1 (Juni 2009)
Tilaar, H.A.R., (1994) Manajemen Pendidikan Nasional, Kajian Pendidikan Masa
Depan (Bandung; Remaja Rosdakarya, hlm.
Thoha, Mohammad, Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan
Manajemen Berbasis Sekolah, Jurnal OKARA, Vol. I, Tahun 7, Mei 2012