ARAB LANGUAGE LEARNING MANAGEMENT IN PESANTREN

Authors

  • Ade Nandang S Hary Priatna Sanusi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v4i1.819

Keywords:

Manajemen, Pembelajaran, Bahasa Arab, Pondok Pesantren

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pembelajaran Bahasa Arab dengan segala problematikanya menuntut adanya variasi model dan pendekatan serta manajerial yang baik yang harus dilakukan oleh para pengajar maupun lembaga dalam hal ini pondok pesantren. Kesenjangan kompetensi awal antara masingmasing santri dalam satu rombongan belajar serta latar belakang pendidikan mereka yang beragam pula memberikan kontribusi permasalahan tersendiri bagi pengajar. Dengan mencoba mencari hubungan antara kompetensi dasar Bahasa Arab yang dimiliki santri dengan kondisi nyata lembaga, tulisan ini mencoba mencarikan titik temu antara proses pembelajaran Bahasa Arab dengan manajemen pembelajaran mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Pembelajaran keterampilan-keterampilan dasar bahasa yang meliputi mendengar (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah) dan menulis (kitabah) dilakukan dengan memperhatikan tingkat penguasaan awal santri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen pembelajaran bahasa Arab dalam rangka meningkatkan kemampuan santri dalam berbahasa sebagai alat komunikasi dan proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi pengembangan berbahasa Arab di lingkungan Pondok Pesantren.

References

Al-Amin, Nurul Salis dan Syaputra, Erwin, Kemampuan Pengurus Rayon dalam

Ta’bir Tahriri di Pondok Modern Darussalam Gontor, Jurnal At Ta’dib, Vol. 11, No.

, Desember 2016

Ambarita, Alben. (2006). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Sistem.

Jakarta: PT Rineka Cipta.

a l- i l t i z a m , Vol.4, No.1, Mei 2019

Bahri, Syaiful & Zain, Azwan. (2010). Setrategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka

Cipta.

Dahlan, Juwairiyah, (1992) Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab Surabaya:

al-Ikhlas.

Danarwati, Yanti Sri, SS., SE., MM. Manajemen Pembelajaran Dalam Upaya

Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jurnal Pendidikan.

Fatimah Kadir , St., Keterampilan Mengelola Kelas Dan Implementasinya

Dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 7 No. 2 JuliDesember

Hidayat,

Nandang Syarif, “Problematika Pembelajaran Bahsa Arab,” Jurnal

Pemikiran Islam 37, no. 1 (June 2012): 82–92.

Loeis, Wisnawati, “Metode Langsung Dalam Pembelajaran Bahasa Arab,”

Turats 7, no. 2 (Agustus 2011): 62–70.

Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar

Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Makruf, Imam, Manajemen Integrasi Pembelajaran Bahasa Arab di

Madrasah, Cendekia Vol. 14 No. 2, Juli - Desember 180

Mulyasa. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya. hlm.243

Nur, Jabal, Konsep Nadzariyyah Alwihdah Dalam Pembelajaran Bahasa

Arab, Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 8 No. 1, Januari-Juni 2015

Rayuni, Dewi, Manajemen Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 3

Palembang, Jurnal TA’DIB, Vol. XV No. 01. Edisi, Juni 2010

Shaleh, Abdul Rahman. 2004. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa: Visi,

Misi dan Aksi. Rajawali Press, Jakarta.

Suharmon, Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata

Pelajaran Bahasa Arab Melalui Latihan Komunikatif Di Mtsn Paninjauan

Kabupaten Tanah Datar Ta’dib Vol. 12, No. 1 (Juni 2009)

Tilaar, H.A.R., (1994) Manajemen Pendidikan Nasional, Kajian Pendidikan Masa

Depan (Bandung; Remaja Rosdakarya, hlm.

Thoha, Mohammad, Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan

Manajemen Berbasis Sekolah, Jurnal OKARA, Vol. I, Tahun 7, Mei 2012

Downloads

Published

2019-05-30