DAMPAK PENGAJIAN KEAGAMAAN DALAM MEMBINA AKHLAK PEMUDA DI NEGERI MORELLA KECAMATAN LEIHITU KABUPATEN MALUKU TENGAH

Ade Irmalia Waulath, St. Jumaeda, Nur Khozin

Abstract


hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pengajian keagamaan di negeri Morella yang diprogramkan oleh kepala pemuda ini telah berlangsung 2 tahun lamanya yang telah memberikan dampak dan pengaruh yang besar dalam kehidupan pemuda negeri Morella, baik dalam bidang spritual berupa sudah mulai adanya kesadaran dari para pemuda dalam menjalankan ajaran agamanya, kemudian, bidang sosial berupa sudah mulai adanya hubungan yang baik dengan masyarakat, serta pengaruhnya terhadap psikologi berupa sudah mulai membaik karakter para pemuda. Oleh karena itu, pelaksanaan pengajian keagamaan ini dapat dikatakan mempunyai andil besar dalam perubahan dan pembinaan akhlak pemuda, walaupun masih terbilang muda, namun pengajian ini mampu menunjukan eksistensinya. Hal ini tidak terlepas dari dukungan yang diberikan dari semua pihak, dimulai dari adanya dukungan dari pemerintah setempat, adanya kesadaran diri dari para pemuda, adanya dukungan dari orang tua, kesabaran dari para pengajar dan fasilitas yang disediakan. Meskipun demikian, pengajian keagamaan juga tidak terlepas dari kendala-kendala yang datang, entah itu masalah mengajak pemuda, anggaran, kurangnya pengajar, manajemen yang kurang baik, kurangnya metode yang digunakan, tidak adanya evaluasi, dan pengaruh teknologi
Kata Kunci: Dampak Pengajian Keagamaan, Membina Akhlak Pemuda

Full Text:

PDF

References


Moleong, Lexi J. M.A Metode Penelitian Kualitatif, PT. Pemuda Risdakarya 2000.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Bahasa Indonesia Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. Ke-1, Jakarta: Balai Pustaka, 1998.

Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam, Ensiklopedia Islam, cet. Ke-4, Jilid 3, Jakarta: Iktiar Baru Van Hoeve, 1997.

Nurul Huda, Pedoman Majlis Taklim, Jakarta: KODI, 1990.

Muhammad Azmi, Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra Sekolah, Yogyakarta: Belukur, 2006.

Abdullah, Yatimin. Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an, Jakarta: Amzah, 2007.

Pelupessy, Nur Khozin Abdullah, and Saddam Husein. "PEMBINAAN AKHLAK MULIA MAHASISWA DALAM LEMBAGA DAKWAH KAMPUS (LDK) AL-IZZAH IAIN AMBON." al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3.1 (2018): 53-64.

Nata, Abuddin Akhlak. Tasawuf, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Ihsan Sanusi, Kasmuri Selamat. Akhak Tasawuf ,(Jakarta: Kalam Mulia, 2012.

Husein, Saddam. "URGENSI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs NURUL IKHLAS KALAPA DUA SERAM BAGIAN BARAT." al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3.1 (2018): 1-13.




DOI: http://dx.doi.org/10.33477/alt.v4i2.1009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Persiapkan artikel anda, redaksi AL-ILTIZAM: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM segera menerima artikel untuk terbitan Vol. 4, No.1 dan Vol. 4, No.2 TAHUN 2019