KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MA NURUL IKHLAS AMBON
DOI:
https://doi.org/10.33477/alt.v5i1.1442Keywords:
Kompetensi Pedagogik Guru PAI, Motivasi Belajar.Abstract
ABSTRAK: Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI dalam proses pembelajaran di kelas XI MA Nurul Ikhlas Ambon dan bagaimana motivasi belajar peserta didik di MA Nurul Ikhlas Ambon. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 18 Februari sampai tanggal 18 Maret 2019 di MA Nurul Ikhlas Ambon. Subjek penelitian adalah guru PAI kelas XI, kepala sekolah dan tiga orang peserta didik kelas XI. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kompetensi pedagogik guru PAI dalam proses pembelajaran di kelas XI MA Nurul Ikhlas Ambon yaitu: (a) memberikan pemahaman dalam pembelajaran, (b) membuat silabus dirinci dalam rancangan pembelajaran, (c) membuat RPP agar materi yang disampaikan terarah, (d) melaksanakan pembelajaran berpusat pada tiga arah, (e) menggunakan teknologi agar peserta didik lebih mudah memahami materi, (f) melakukan evaluasi untuk mengetahui kemampuan peserta didik, (g) mengembangkan potensi peserta didik dengan latihan berceramah, (h) memberikan bimbingan mengingatkan peserta didik agar lebih disiplin dan bertanggung jawab. 2) Motivasi belajar peserta didik di kelas MA Nurul Ikhlas Ambon yaitu guru PAI komunikasi, interaksi dan menyampaikan materi dengan sangat baik sehingga peserta didik termotivasi dalam belajar.References
Abdul Majid & Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Cet. II; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Departemen Agama RI, Al-Qur’a dan Terjemahnya, (Semarang: Toha Putra, 2012.
Dewi Salma, Mozaik Teknologi Pendidikan E-learning (Cet. I; Bandung: Prenada Media Group, 2016.
E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satu Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2007.
E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Faridatul Ainiyah, Skripsi: Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Jawa Tengah (Yogyakarta: UIN Sunan kalijaga, 2014.
Faridatul Ainiyah, Tesis: Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Jawa Tengah (Yogyakarta: UIN Sunan kalijaga, 2014.
Hasbi As Shiddiqy, Mutiara Hadits, (Cet. I; Jilid VIII; Jakarta: Bulan Bintang, 2000.
Kumandar, Penilaian Auntentik, (Cet. III; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Matthew Miles dan A. Michael Huberman, Analisa data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. (Cet. I; Jakarta: UI Press, 2002.
Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, (Cet. III; Bandung: Remaja Rosdakarya.
Novan Ardy Wiyani, Desain Pembelajaran Pendidikan, (Cet. I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam 2, (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2002.
Oemar Hamalik, Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA, (Cet. II; Bandung: Sinar Baru Algensindo 2001.
Paul Suparno, Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan, (Cet. V; Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1997.
Sardiman A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.
Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru (Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D, (Bandung: CV. Alfabeta, 2012.
Undang-undang Guru dan Dosen, (UU No. 14 Tahun 2005.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Jakarta: Gema Insani Press, 2007.