PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MI AL-HIDAYAH LIANG MELALUI DEMONSTRASI DAN KELOMPOK BELAJAR TERBIMBING

Authors

  • Yusuf Abdurachman Luhulima IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v5i2.1757

Abstract

Abstract: This research was conducted in September - December 2020, located at MTS-Al-Hidayah Liang. This type of research is classroom action research which involves repeated self-reflection, namely planning, action, observation / observation, reflection and re-planning. The results of the research that have been done, show that the highest score obtained by the VII grade students of MTS Al-Hidayah Liang, who took Arabic learning through the demonstration learning method and the guided group in the first cycle was 9.3; the lowest value is 2.8; and an average value of 5.91. In addition, the results of this study also show that the highest score obtained by MTS Al-Hidayah Liang class VII students who took Arabic learning through demonstration learning methods and guided groups in cycle II was 9.1; the lowest value is 6.0; and the average value is 7,11. Keywords: arabic language learning, classroom action research, liang village Abstrak: Penelitian ini dilakukan pada bulan September – Desember 2020 yang berlokasi di MTS-Al-Hidayah Liang. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (Classroom Action Research) yang melibatkan refleksi diri yang berulang yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, refleksi dan perencanaan ulang. Hasil penelitian yang telah dilakukan, memperlihatkan bahwa nilai tertinggi yang diperoleh siswa kelas VII MTS Al-Hidayah Liang, yang mengikuti pembelajaran Bahasa arab melalui metode pembelajaran demonstrasi dan kelompok terbimbing pada siklus I adalah 9,3; nilai terendah 2,8; dan nilai rata-rata 5,91. Selain itu, hasil penelitian ini juga memperlihatkan bahwa nilai tertinggi yang diperoleh siswa kelas VII MTS Al-Hidayah Liang yang mengikuti pembelajaran Bahasa arab melalui metode pembelajaran demonstrasi dan kelompok terbimbing pada siklus II adalah 9,1; nilai terendah 6,0; dan nilai rata-rata 7,11. Kata kunci: pembelajaran bahasa arab, penelitian tindakan kelas, Desa Liang

References

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2003. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama. Departemen Pendidikan nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan lanjutan Pertama. Jakarta.

Achsin. 1993. Metode dalam Pembelajaran. PT. Nimas Multima. Jakarta.

Djamarah. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Cetakan Pertama. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Mukhtar. 2005. Metode Pembelajaran yang Berhasil. PT. Nimas Multima. Jakarta

Mulyasa. 2006. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. PT Rosdakarya. Bandung.

Roestiyah. 1989. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya. Bandung

Rusdi. 1998. Metode Pembelajaran Gotong Royong. Universitas Kristen Petra Surabaya. Surabaya

Sardiman. 1996. Belajar Secara Efektif dan Efisien. Rineka Cipta. Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-01-28