MODEL PEMBELAJARAN AGAMA DALAM MEMBANGUN TOLERANSI DI RUANG PUBLIK SEKOLAH

Adam Latuconsina

Abstract


Tulisan ini melihat model pembelajaran agama sebagai salah satu strategi
pengajaran pendidikan agama di sekolah yang dapat memberi masukan bagi konstruksi
pembelajaran agama yang inklusif, humanis dan toleran. Fenomena kehidupan
keagamaan di Indoneisa dengan sistem pendidikan yang lebih menekankan pada aspek
intelektual semata telah memberi dampak pada merosotnya sikap prilakusiswa. Sebagai
contoh dapat dilihat kekerasan dan intoleransi yang terjadi dikalangan siswa, maupun
antar sekolah, Melalui penelusuran konseptual model pembelajaran agama diharapkan
dapat memberi konstribusi terhadap sikap toleransi siswa.Artikel ini dimaksudkan untuk
memberikan pemahaman terhadap pentingnya penggunaan model pembelajaranmodel
beyond the wall menjadi pilihan yang cocok dengan sekolah yang plural.Model ini tidak
hanya memberi ruang bagi hubungan dialogis dan mengajak siswa beda agama
membangun perdamain,dan menghargai perbedaan di ruang publik sekolah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33477/alt.v1i1.181

Article Metrics

Abstract view : 142 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Persiapkan artikel anda, redaksi AL-ILTIZAM: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM segera menerima artikel untuk terbitan Vol. 6, No.1 TAHUN 2021