KOMPARASI BENTUK TES PILIHAN GANDA DENGAN TES MENJODOHKAN (MATCHING TEST) DITINJAU DARI TINGKAT KESUKARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN WAIMITAL KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

ST JUMAEDA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan bentuk tes pilihan
ganda dengan tes menjodohkan ditinjau dari tingkat kesukaran butir soal. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif, artinya semua gejala diukur menggunakan besaran
kuantitatis yang kemudian digeneralisasikan atau simpulan ditarik dari interpretasi
terhadap angka-angka yang dihasilkan oleh perhitungan statistik maupun matematik.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen tes hasil belajar
Bahasa Arab siswa MAN Waimital. Bentuk intrumennya berupa pilihan ganda dan
menjodohkan (matching test), kemudian skor dari tiap-tiap butir tersebut dianalisis
dengan menggunakan analisis butir dengan tujuan untuk menentukan tingkat kesukaran
butir.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI Madarasah Aliyah
Negeri (MAN) Waimital tahun akademik 2015/2016. Dalam pengambilan sampel
penelitian dilakukan dengan teknik acak sederhana (simple random sampling). Sampel
penelitian sebanyak 200 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa
untuk α = 0,05 dengan dk= 30 – 1 adalah 2,224 sedangkan nilai t
= 0,224, sehingga
dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat kesukaran butir antara tes
bentuk pilihan ganda dengan tes menjodohkan (matching test) pada mata pelajaran
Bahasa Arab pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Waimital Kabupaten
Seram Bagian Barat

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33477/alt.v1i1.186

Article Metrics

Abstract view : 98 times
PDF - 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Persiapkan artikel anda, redaksi AL-ILTIZAM: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM segera menerima artikel untuk terbitan Vol. 6, No.1 TAHUN 2021