KONTRIBUSI MASJID AMALBAKTI MUSLIM PANCASILA (YAMP) DALAM PEMBANGUNAN MASYARAKAT MUSLIM DI KOTA AMBON
DOI:
https://doi.org/10.33477/alt.v6i1.1869Abstract
ABSTRACT A mosque is a religious institution that is inseparable from the spiritual, social and cultural life of the people. Where there are Muslims, there must be a mosque there, the mosque is also a symbol of Islam, if there is a mosque then there is allegedly a Muslim community. Mosques have a big enough role for society, not only as places of worship, but also as centers of civilization for Muslims. The results showed that the history of the YAMP Mosque in Maluku Province, there are 6 mosques. There are 4 units in Ambon City, namely 1 at the IAIN Ambon Campus, 1 at the UNPATTI Campus, 1 in Tihu/Perumnas Poka Village, and 1 at BTN Wayame. Meanwhile, one more mosque is located in Southeast Maluku Regency to be precise next to the Tual City Regional Hospital, another mosque is located in Banda Naira Tanah Rata. As well as the model of prospering the YAMP mosque by the takmir of the mosque or the surrounding community besides worship, Islamic studies are carried out, discussions and also social activities that are useful for the community and members of the YAMP mosques in Ambon city. The community's response to the YAMP mosque is very much needed because of its good existence, and it really helps the worship process as well as to get closer to God Almighty. In addition, the YAMP mosque is very well designed because in the delivery of sermons and recitations it is not obstructed by pillars in the main room so that it is clear that it is clear who delivers the sermon and / or who provides the material. The contribution of the YAMP mosque in the development of the Muslim community in Ambon city is very good, this can be seen from the routine studies carried out by both mosque administrators and religious groups, both routine studies, breaking fast together, cutting sacrificial animals, other religious discussions. in building the country in the future the better. In addition, the YAMP mosque has majlis ta'lim, TPQ, PAUD / RA and MIT. This has been around for a long time. ABSTRAK Masjid merupakan pranata keagamaan yang tidak terpisahkan dari kehidupan spiritual, sosial, dan kultural umat. Dimana ada umat Islam pasti di situ ada masjid, masjid juga merupakan simbol keislaman, jika ada masjid maka di situpun disinyalir ada masyarakat muslim. Masjid memiliki peran yang cukup besar bagi masyarakat, bukan hanya sebagai tempat ibadah, melainkan juga sebagai pusat peradaban bagi umat Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejarah Masjid YAMP yang berada di Provinsi Maluku terdapat 6 buah masjid. Keberadaanya 4 buah di Kota Ambon yaitu 1 buah di Kampus IAIN Ambon, 1 buah di Kampus UNPATTI, 1 buah di Kelurahan Tihu/Perumnas Poka, dan 1 buah di BTN Wayame. Sedangkan 1 masjid lagi berada di Kabupaten Maluku Tenggara tepatnya di samping RSUD Kota Tual, 1 masjid lagi diberada di Banda NairaTanah Rata. Serta Model memakmurkan masjid YAMP oleh takmir masjid atau masyarakat sekitar selain ibadah, dilakukannya kajian-kajian keislaman, diskusi-diskusi dan juga kegiatan-kegiatan sosial yang berguna untuk masyarakat serta jamaah masjid masjid YAMP di kota Ambon. Tanggapan masyarakat tentang keberadaan masjid YAMP sangat dibutuhkan karena keberadaannya yang baik, dan sangat membantu proses ibadah sekaligus mendekatkan diri mereka terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu juga masjid YAMP sangat baik desainnya karena dalam penyampaian khotbah maupun pengajian tidak dihalangi oleh tiang-tiang di ruang utama sehingga jelas kelihatan yang menyampaikan khutbah dan atau yang memberikan materi. Kontribusi masjid YAMP dalam pembangunan masyarakat Muslim di kota Ambon sangat baik hal ini bisa dilihat dari kajian-kajian rutin yang dilaksanakan baik pengurus masjid maupun majelis ta’lim baik itu kajian rutin, buka puasa bersama, memotong hewan qurban, diskusi-diskusi keagamaan yang lain dalam membangun negara kedepan semakin baik. Selain itu juga masjid YAMP memiliki majlis ta’lim, TPQ, PAUD/RA dan MIT ini sudah berjalan lama.References
DAFTAR PUSTAKA
Aboebakar, Sedjarah Masjid dan Ibadah di Dalamnya Djakarta: N. V. Visser, 2013.
Abror, Indal. Aktualisasi Nilai-Nilai Budaya Masjid Pathok Negoro, Jurnal ESENSIA Vol 17, No. 1, April 2016.
Al Munawar, Said Agil Husein. Sambutan Menteri Agama Republik Indonesia. Dalam Buku Pedoman Manajemen Masjid.
Ali, Mukti. Beberapa Persoalan Agama Dewasa Ini, Jakarta Rajawali Pers, 1987.
An-Nahlawi, Abdurrahman. Ushulut Tarbiyah Al-Islam Wa Asalibuha, Beirut: Darul Fikr, 1979.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Ayyub, Moh. E. Manajemen Masjid Jakarta: Gema Insani Press, 1998.
Azra, Azyumardi. Kelompok “Sempalan” di Kalangan Mahasiswa PTU: Anatomi Sosio-Historis, dalam Fuaduddin & Cik Hasan Bisri, (ed), Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi, Ciputat: Logos, 2002.
Bakar, Abu. Sejarah Masjid Dan Amal Ibadah Dalam Islam Jakarta Fa. Adil.
Bani, Sudin. Kontribusi Pesantren dalam Sistem Pendidikan Nasional Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 264-273 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Jl. Sultan Alauddin No. 36 Samata Gowa.
Bhakti, N. Yudi. Pengertian Kontribusi (diakses dari 2012 http:// artikel terkait, eprints.uny.ac.id/8957/3/BAB%202-08502241019.Pdf.
Cholid, Nur. Kontribusi Filsafat Pragmatisme Terhadap Pendidikan Magistra Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Volume 4., No. 1 Maret 2013 FAI Unwahas Semarang.
Dahlan, Abdul Aziz et. Al., Ensiklopedi Hukum Islam. Jilid 6, Cet. I; Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1996.
Depertemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahanya, Depok: Cahaya Qur’an 2011.
Dikuti dari http://a-research.upi.edu/operator/upload/bab_ii(12).pdf dalam Anne Ahira, Terminologi Kosa Kata, Jakarta: Aksara, 2012.
Djunaidi, AF. Lukman A. Irfan, Edi Safitri, Kebangkitan Masjid Kampus di Yogyakarta: Eksklusif atau Inklusif, dalam Millah, Jurnal Studi Agama, Dialektika Agama dan Realitas Sosial Masyarakat (Vol. XV, No. 2, Februari 2016. Diterbitkan oleh: Program Pascasarjana Magister Studi Islam Fakultas Ilmu Aama Islam Universitas Islam Indonesia.
Engku, Iskandar dan Siti Zubaidah, M.Ag. Sejarah Pendidikan Islam, Cet. I: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Giri, I Made Ariasa. Kontribusi Sarana Pendidikan Terhadap Kualitas Pendidikan Di Sekolah, Jurnal Penjaminan Mutu, Fakultas Dharma Acarya IHDN Denpasar.
Jumaeda ST, La Rajab, Nur Khozin, et. al, Pemberdayaan Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Peningkatan Kompetensi Guru Pada Tingkat Sekolah Dasar Di Waimital al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2018.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Langer, Susanne Katherina Knauth. Philosophy in a New Key: A Study in the Symbolism of Reason, Rite and Art Harvard Univercity Press, 1997.
Lemert, Charles. Social Theory: The Multicultural and Classic Readings Oxford: Westview Press, 1993.
Lenia, Pramise & Malta Nelisa, Tanggapan Masyarakat Terhadap Layanan Di Perpustakaan Masjid Ummi Nagari Alahan Panjang Kabupaten Solok, Jurnal. FBS Universitas Negeri Padang, 2014.
Linton, Ralph. A Study of Man, an Introduction, Apleto-Century-Crofts. Inc., New York, 1936.
McLaughlin, T. & F. Lentricchia, Critical Terms for Literary Study Chicago: The University of Chcago press.
Muliawan, Jasa Ungguh. Pendidikan Islam Integratif, Cet. I: Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2004.
Mutiari, Dhani dkk. Masjid-Masjid Muhammadiyah Di Yogyakarta. Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) 2 2014.
Nursaid, Nur Khozin, et al. Islamic Education Reorientation In Growing The Fitrah Goodness In The Era Of Globalization. al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2019.
Mutiari, Dhani dkk. Masjid-Masjid Muhammadiyah Di Yogyakarta. Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) 2 2014.
Nursaid, Nur Khozin, et al. Islamic Education Reorientation In Growing The Fitrah Goodness In The Era Of Globalization. al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2019.
Purwanto, Nurtanio Agus. Kontribusi Pendidikan Bagi Pembangunan Ekonomi Negara, Jurnal manajemen pendidikan, no. 02/Th II/Oktober/2006.
Pelupessy, Nur Khozin Abdullah; Husein, Saddam. Pembinaan Akhlak Mulia Mahasiswa Dalam Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Izzah IAIN Ambon. al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2018.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualtitatif Bandung: Alpabeta, 2005.
---------, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D Bandung: Alfabeta, 2009.
Suharjanto, Didiek dkk, Kinerja Termal pada Masjid Amal Bhakti Muslim Pancasila, Spectra, Nomor 29 Volume XV Januari-Juni 2017.
Sutarmadi, Ahmad. Visi, Misi dan langkah strategis; Pengurus Dewan Masjid Indonesia dan Pengelola Masjid, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2002.
Sutherland, Robert L. (dkk), Introductory Sociology, Ed. 6, J. B. Lippincott Company, Chicago, Philadelphia, New York, 1961.
Tanjung, Syaiful Akhyar. http//www.yadmi.or.id masjid-sebagai-pusat-pemberdayaan-ekonomi untukesehjateraan-umat-islam-indonesia.
Tauhid, Abu. Beberapa Aspek Pendidikan Islam, Yogyakarta: Sekretaris Jurusan Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga, 1990.
Tilaar, H. A. R. Manejemen Pendidikan Nasional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1992.
Toynbee, Bacalah Arnold. The Disintegrations of Civilization, dalam Theories of Sociaty, The Free Press, New York, 1965.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wijaya, Cece Dkk, Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan Dan Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1988.
Yulian, Yoseph dan William Korllum, Social Problem Enlewood Clifis: New Jersey Prentical Hall, Inc, 1989.
Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan, Cet. I; Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.
Zuly, Qodir dkk, Islam Kampus dalam Perubahan Politik Nasional: Studi Keislaman Masjid UGM, UNY, UIN Sunan Kalijaga, UII dan UMY Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Gajah Mada, 2010.
2Eprints.Uny.ac.id/8957/3/BAB°./`202-08502241019, Pengertian Kontribusi, Akses Tanggal 12 Agustus 2013, Jam 16.30 W1B Pengertian Kontribusi.
http://soeharto.co/daftar-masjid-yayasan-amalbhakti-muslim-pancasila-yamp-provinsi-sumatera-selatan
https://soeharto.co/999-masjid-yayasan-amal-bakti-muslim-pancasila/