PENGEMBANGAN KREATIVITAS GURU BERBASIS MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI MEA DI SMK NEGERI 1 HITU KAB. MALUKU TENGAH

Nur Hasanah

Abstract


Permasalahan paling krusial pada pendidikan kejujuruan secara khusus di
SMKN 1 Leihitu adalah idealnya guru ketika mengajar adanya rasa tanggungjawab
penuh seperti halnya mengembangkan media-media pembelajaran yang ada
dilingkungan masyarakat. Tetapi kenyataannya, masih banyak guru yang bersifat apatis
dalam mengembangkan potensi peserta didiknya. Hal ini terjadi disebabkan karena
sarana prasarana yang belum memadai sehingga menyebabkan guru kurang
mengeksploitasi materi pada proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Kreativitas guru berbasis masyarakat,
Upaya-upaya dalam mengembangkan kreativitas guru berbasis masyarakat dalam
mengahadapi MEA, Masalah dan solusi dalam mengembangkan kreaativitas guru
berbasis masyarakat dalam menghadapi MEA di SMKN 1 Hitu Kab. Maluku
Tengah.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif,
Lokasi penelitian di SMKN 1 Hitu Kecamatan Leihitu yang beralamat di Jalan Haturiri,
Kelurahan Hitu Lama, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi
Maluku. Dengan teknik pengambilan data yaikni observasi, dokumentasi, dan
wawancara dengan kepala sekolah, guru-guru, dan siswa. Dianalisis menggunakan
teknik milles dan huberman.
Hasil penelitian menunjukkan Kreativitas guru berbasis masyarakat di SMKN 1
Hitu Kabupaten Maluku Tengah, dalam melaksanakan pembelajaran, guru
mengidentifikasi dan menuangkan sumber-sumber belajar yang berasal dari lingkungan
masyarakat sebagai media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Upaya kepala
sekolah dalam mengembangkan kreativitas guru, diantaranya:Memberikan kesempatan
bagi guru-guru untuk mengikuti kegiatan diklat. Untuk guru-guru produktif, biasanya
diikutsertakan dalam kegiatan diklat di luar kota apabila ada informasi yang didapat
melalui E-mail sekolah. Sedangkan untuk guru-guru mata pelajaran umum, biasanya
diikutsertakan dalam kegiatan diklat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP)
Provinsi Maluku.Memaksimalkan penggunaan Information and Communication
Technoligies (ICT) bagi guru-guru.Melakukan kerjasama dengan berbagai instansi
seperti KOMINFO, Jayanegara, Hisbullah, dan Universitas Pattimura.Melakukan studi
banding dengan sekolah lain seperti SUPM Waiheru. Kesimpulan yang diperoleh yakni
kreativitas guru dalam pembelajaran selalu diupayakan untuk meningkatkan mutu
pendidikan melalui berbagai strategi baik formal maupun nonformal

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33477/alt.v1i1.191

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Persiapkan artikel anda, redaksi AL-ILTIZAM: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM segera menerima artikel untuk terbitan Vol. 6, No.1 TAHUN 2021