GENDER RELATION DALAM BUKU AJAR BAHASA INGGRIS SEKOLAH DASAR

Djamila Lasaiba

Abstract


Era globalisasi dan modernisasi yang melanda segala penjuru dunia dengan segala
aspek kehidupan manusia, telah mendorong berbagai isu dan mainstream. Salah satunya adalah
perubahan paradigma yang menempatkan laki-laki dan perempuan pada status yang setara,
memiliki hak dan kewajiban seimbang dan mendapat perlakuan yang adil. Masalah perempuan
ini akan menjadi prioritas jika semua lapisan masyarakat telah memiliki sensitifitas dan
responsif gender dalam semua dimensi kehidupan. Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi gender
pada berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Pendidikan sebagai media pembelajaran jua
memiliki implikasi sebagai agen sosialisasi nilai-nilai atau fenomena-fenomena yang ada dalam
masyarakat. Buku ajar mempunyai implikasi psikologis yang besar bagi peserta didik sehingga
penting diketahui nilai-nilai gender yang termuat, untuk mengeliminir bias dan diskriminasi
gender yang ada di dalamnya. Buku ajar yang baik seyogyanya menampilkan dan menonjolkan
peran yang dilakukan perempuan dan laki-laki sesuai dengan status, lingkungan, budaya, dan
struktur masyarakatnya, yang ditampilkan baik dalam bentuk ilustrasi gambar maupun deskripsi
kalimat

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33477/alt.v1i2.193

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF - 198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Persiapkan artikel anda, redaksi AL-ILTIZAM: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM segera menerima artikel untuk terbitan Vol. 6, No.1 TAHUN 2021