PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Terhadap Perilaku Mahasiswa Multi Etnis IAIN Ambon)

Mokhsin Kaliky

Abstract


Identitassuku, budaya, dan bahasa tidak dijadikan sebagai instrumen persatuan
ke berbagai bangsa, malah sebagai alasan untuk saling bermusuhan, kesadaran
multikulturalisme pada level mahasiswa belum tampak pada pemikirannya. Kampus
yang seharusnya merupakan ruang diskusi ide dan gagasan berubaH menjadi ajang
permusuhan. Sehingga Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku mahasiswa
multi etnis IAIN Ambon kurang menanamkan perilaku menghargai dan menghormati,
toleransi, serta gotong royong masih jauh dari yang dicita-citakan, sehingga prasangka
diantara mahasiswa masih sering ditunjukkan dalam aktifitas kesehariannya di kampus.
Pola hubungan mahasiswa multi etnis di IAIN Ambon masih terpasung hanya pada
kelompok masing-masing, sehingga pola hubungan antar mahasiswa kurang
menanamkan sikap tolong menolong dengan baik serta kurang menajalin talisilaturahim
dengan mahasiswa multi etnis. Implikasi pendidikan Islam terhadap pembentukan
karakter mahasiswa di IAIN Ambon kurang menyentuh terhadap mahasiswa
keseluruhan, hampir seluruh pendidikan yang diterapkan di kampus hanya sebatas
pengetahuan kognitif atau At-Ta’lim, semata implikasinya mahasiswa tidak manjaga
hubungan dengan baik, sering mengabaikan etika dan moral, kurangnya menerapkan
hubungan hidup bersama, dan kurangnya kesadaran tentang pentingnya hubungan
sesama mahasiswa multi etnis tersebut

Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33477/alt.v2i2.201

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 49 times PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Persiapkan artikel anda, redaksi AL-ILTIZAM: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM segera menerima artikel untuk terbitan Vol. 6, No.1 TAHUN 2021