PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PAI FITK IAIN AMBON
DOI:
https://doi.org/10.33477/alt.v6i2.2491Abstract
Abstract: The purpose of this study was to determine whether there is an influence between the ability to memorize the Qur'an and learning outcomes. This research is descriptive quantitative by taking samples of students of the Islamic Religious Education Study Program IAIN Ambon Class of 2017-2018. The sampling technique used by the researcher was purposive sampling and used instruments in the form of observation, questionnaires and documentation, then the research results were analyzed using simple linear regression analysis. Success in achieving satisfactory learning outcomes and continuously increasing is strongly supported by internal and external factors. Al-Qur'an memorization activities have a positive impact that is a supporting factor for success in learning such as the ability of brain sharpness, discipline in learning, good memory, improving a good mindset and ease of understanding learning material. By referring to the results of the hypothesis test, it is known that Ha is accepted and Ho is rejected by obtaining a tcount value of 2,536 table which has been set at 2,040, and the magnitude of the effect of memorizing the Qur'an on learning outcomes is 17.2% and the rest is 82 ,8%.
Keywords: The Effect of Memorizing the Qur'an and Learning Outcomes
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan hasil belajar. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan mengambil sampel Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Ambon Angkatan 2017-2018. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah purposive sampling serta menggunakan instrumen berupa observasi, angket dan dokumentasi, kemudian hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Keberhasilan dalam meraih hasil belajar yang memuaskan dan terus meningkat sangat didukung oleh faktor internal dan faktor eksternal. Kegiatan menghafal al-Qur’an memberikan dampak positif yang menjadi faktor pendukung keberhasilan dalam belajar seperti kemampuan ketajaman otak, kedisiplinan dalam belajar, daya ingat yang baik, meningkatkan pola pikir yang baik dan kemudahan dalam memahami materi pembelajaran. Dengan merujuk kepada hasil uji hipotesis diketahui bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan memperoleh nilai thitung yaitu 2,536 ≥ ttabel yang telah ditetapkan sebesar 2,040, dan memperoleh besarnya pengaruh menghafal al-Qur’an terhadap hasil belajar adalah sebesar 17,2 % dan sisanya yaitu 82,8%.
Kata Kunci: Pengaruh Menghafal al-Qur’an dan Hasil Belajar
References
Abdulwaly, Cece. (2019). Rahasia Dibalik Hafalan Para Ulama, Yogyakarta: Laksana.
Al-Asfahani, Ar-Raghib. (2010). Mu’jam Mufradat alFaz al-Qur’an, Beirut: Dar Al-Fikr.
Al-Hafizh, Ahsin W. (2005). Bimbingan Praktis Menghafal al-Qur’an, Jakarta: Bumi Aksara.
An-Nahlawi, Abdurrahman. (2004). Pendidikan Islam di Rumah sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani.
Anwar, Desi. (2003). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amelia.
Baharuddin, (2010). Psikologi Pendidikan, Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Burhanuddin Dkk. (2019). Guru Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Yogyakarta: Deepublish.
Chairani Lisya dan M. A. Subandi. (2010). Psikologi Santri Penghafal Al-Qur’an: Peranan Regulasi Diri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Elmubarok, Zaim. (2009). Membumikan Pendidikan Nilai: Mengumpulkan yang Terserak, Menyambung yang Terputus dan Menyatukan yang Tercerai, Bandung: Alfabeta.
Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional, Yogyakarta: Teras.
Fitriyani, Dina. (2016). Pengaruh Aktivitas Menghafal al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Spiritual Santri di Pondok Pesantren Anak-Anak Tahfidzul Qur’an (PPATQ) Raudlatul Falah Bermi Gembong Pati Tahun 2016, Semarang: UIN Walisongo Semarang.
Gulo, W. (2000). Metode Penelitian, Jakarta: PT. Grasindo.
Hasbullah. (2003). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ichwan, M. Nor. (2001). Memasuki Dunia al-Qur’an, Semarang: Effhar Offset Semarang.
Kementerian Agama RI. (2015). Al-Qur’an dan Terjemahnya, Surabaya: Fajar Mulya.
Ma’ruf, Amar. (2019). Skripsi: Pengaruh Menghafal al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Mi Tahfidzul Qur’an Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Mahmud. (2010). Psikologi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.
Maksum. (2013). Syukran dan Wahidi, Beli surga dengan al-Qur’an (Media Pressindo.
Mappeasse, M. Yusuf. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Mepdek.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purnama, Yulian. (2020). https://muslimah.or.id/6222-mengapa-perlu-Menghafal-al-Quran-1.html, Diakses: Jumat, 20 Maret 2020, Jam 09:25.
Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rauf, Abdul Aziz Abdul. (2004). Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iyah, Bandung: PT Syaamil Cipta Media.
Rofi, Sofyan. (2019). Analisis Perbedaan Hasil Belajar Siswa Mengikuti Program Tahfidz al-Qur’an (Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo Jember). Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Sa’dulloh. (2013). 9 Cara Praktis Menghafal al-Qur’an, Cet. IV, (Jakarta: Gema Insani.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada Media Group.
Syaodih, Nana. (2009). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun Pusat Bahasa. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Wahid, Wiwi Alawiyah. (2014). Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an, Jogjakarta: DIVA Press.
Wajdi, Farid. (2008). Tesis: “Tahfidz al-Qur’an Dalam Kajian ‘Ulum al-Qur’an”, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.