ANALISIS PEMBELAJARAN ERA NEW NORMAL DI MADRASAH ALIYAH PROGRAM KHUSUS NW ANJANI

Authors

  • M Sobry Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.2669

Keywords:

learning process, Era New Normal, MAPK NW Anjani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran di era new normal studi kualitataif di Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) NW Anjani. Peneliti merancang penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah Siswa kelas XI MAPK NW Anjani. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis berdasarkan hasil dari proses pengumpulan data dan dicek keabsahannya menggunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa MAPK NW Anjani mampu beradaptasi dengan sistem pembelajaran di era new normal. Hal ini dapat diliahat dari inovasi-inovasi yang diciptakan oleh guru dan kepala sekolah dalam menjawab kesulitan belajar siswa yang ditemukan di era new normal ini. Inovasi tersebut antara lain menggunakan beberapa metode dalam proses pembelajaran. Metode tersebut antara lain adalah metode tanya jawab, pemberian tugas, praktik dan presentasi agar bisa menjawab kebutuhan siswa di era normal ini. Kesulitan yang paling dirasakan oleh guru dan siswa adalah ketika jam belajar dipangkas. Hasil belajar siswa di MAPK NW Anjani menunjukkan hasil yang cukup bagus. Tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil belajar sebelum dan sesudah pandemi.

References

Rudi Ahmad Suryadi, Ilmu Pendidikan Islam, (Yogyakarta; Deepublish, 2018),

M. Nilzam Aly, dkk. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service), vol 4 no 2 Tahun 2020. hal.417.

Rahmah Johar & Latifa Hanun, Strategi Belajar Mengajar, (Yogyakarta; Deepublish, 2012).

Mardiah Kalsum Nasution, Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No. 1, 2017. 9.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan : Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. (Bandung: Alfabeta. 2013)

Djamarah, S. B. Strategi belajar Mengajar. (Bandung: Rineka Cipta, 2008), 46.

Muhamad Afandi,dkk, Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, (Semarang, Unissula Press, 2013), 16.

Siti, Masganti, and Muhammad Shaleh Assingkily. "Persepsi Guru tentang Social Distancing pada Pendidikan AUD Era New Normal." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.2 (2020): 1009-1023

Komalasari, Kokom. Pembelajaran Kontekstual. (Bandung: PT. Refika Aditama. 2010), 6.

Trianto, Mendesain Pembelajaran Kontekstual. (Jakarta: Cerdas Pustaka Pubisher, 2008), 17

Yusuf, Penggunaan Metode Yang Efektif Dalam Pembelajaran, (Jakarta: Depdiknas, 2002),23.

Sudjana, Penelitian Proses Motivasi Belajar Mengajar, (Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2009),32.

Darmadi, Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa, (Yogyakarta, Deepublish, 2017), 200.

Lilis Kurniawati, dkk, “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas Viii Smp N 3 Sumber Kabupaten Cirebon”, EduMa Vol. 4 No. 2. 2015. 65.

Hasan, M. N., & Supriyatno, A. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Siswa (Penelitian pada Santri di Ponpes Raudhotut Tholibin Rembang). Jurnal Transformasi, 12(1).

Hadi, S. A. (2018). Bahan Ajar Mahasiswa Berorientasi pada Inkuiri Bebas Termodifikasi untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam & Ilmu Pendidikan, 1(1), 41-49.

Novia Hendiani N, dkk, “Analisis Penggunaan Variasi Metode Mengajar Oleh Guru Sosiologi di SMA Negeri I Sungairaya”, Jurnal FKIP Untta, 2016. 3-4.

M. Nur Ghufron & Rini Risnawita, “Kesulitan Belajar Pada Anak: Identifikasi Faktor Yang Berperan” Elementary Vol. 3 ∫ No. 2 ∫ Juli-Desember 2015. 298.

Lia Titi Prawati & Woro Sumarni, “Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19”, Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 289.

Dimyati Dan Mudjiono, Belajar Dan Pembalajaran, (Jakarta: Rineka CiptaTahun2009), 200.

Omear Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), 30.

Downloads

Published

2022-07-09