INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS ISLAM OGAN KOMERING ILIR KAYUAGUNG)

Authors

  • Firmansyah Firmansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.2929

Keywords:

Inovasi Pembelajaran PAI, Perguruan Tinggi Umum, Mentoring Agama Islam

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana upaya Pendidikan Tingi Umum (PTU) dalam pengembangan pempelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di era globalisasi saat ini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang mengambil studi kasus di Universitas Islam Ogan Komering Ilir (UNISKI) Kayuagung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan teknik purposive sampling. Sementara analisis data dilakukan melalui reduksi data data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya upaya pengembangan pembelajaran PAI di UNISKI Kayuagung dalam inovasi pada kurikulum, manajemen, dan implementasi pembelajaran PAI. Kurikulum PAI di UNISKI Kayuagung disusun ke dalam bentuk mata kuliah Al-Islam I-VI yang diberikan kepada mahasiswa dari semester I-VI. Adapun dalam aspek inovasi manajemen, pembelajaran PAI di UNISKI Kayuagung dikelola secara profesional oleh lembaga khusus yang dinamakan P5I UNISKI Kayuagung. Pola pembagian kelompok mentoring dengan memperhatikan jenis kelamin dan sebaran program studi mahasiswa. Hasil akhir mentoring agama Islam diintegrasikan ke dalam persyaratan administrasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kemudian dalam aspek implementasinya, penerapan mentoring agama Islam di UNISKI Kayuagung berbeda dengan pola yang diterapkan di PTU lain, dimana mentoring agama Islam merupakan salah satu kegiatan ekstra kurikuler. Sementara di UNISKI Kayuagung, mentoring agama Islam itu adaah bagian dari pelaksanaan mata kuliah PAI yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa. Di samping itu, pelaksanaan mentoring agama Islam ini dilaksanakan di masjid-masjid milik masyarakat.

References

Az-Zahidda, Wida. (2009) Mentoring Fun. Surakarta: Afra Publishing.

Chandra, Pasmah. (2020). Problematika, Tantangan dan Peluang Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Perguruan Tinggi di Era Globalisasi. Jurnal Aghinya STIESNU Bengkulu, 3(1): 124-136.

Firmansyah. (2022). Mentoring Agama Islam: Alternatif Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Perguruan Tinggi Umum. Solok: Mitra Cendekia Media.

Firmansyah, F. (2020). Pengaruh Penerapan Program Mentoring Al-Islam Terhadap Praktik Beragama Mahasiswa Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Jurnal PAI Raden Fatah, 2(2): 156-170.

Hornby, A.S. (2000). Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English, (Sixth Edition 2000, 5th Impression). New York: Oxford University Press.

Mubin, Muhammad Nurul. (2021). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam: Problematika dan Solusi. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1): 65-82.

Novayani, Irma. (2018). Studi Kebijakan Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Perguruan Tinggi Umum (PTU). Jurnal At-Tadbir, (2): 1-16.

Nurdin, Nasrullah. (2018). Pedoman Pembinaan Rohis di Sekolah Dan Madrasah. Jakarta: Emir.

Budiyanti, dkk. (2021). Problemetika dan Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Inovatif, 7(1): 46-63.

Purmansyah, dkk. (2009) Panduan Tutorial/Mentoring Al-Islam Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung. Palembang: Tunas Gemilang Press.

Rahim, Ratna. (2021). Urgensi Pembinaan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (PTU).” Jurnal Andi Djemma, 4(1): 25-35.

Ruswandi dan Rama Adeyasa. (2007). Manajemen Mentoring. Bandung: Syamil Cipta Media.

Schunk, Dale H. (2012). Learning Theories An Educational Perspective Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan, Edisi Keenam, (Terjemahan Eva Hamdiah dan Rahmat Fajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim P5I UNISKI Kayuagung. (2008). Modul Mentoring Al-Islam Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung. Kayuagung: UNISKI Kayuagung.

Tim Penyusun Panduan Akademik. (2012). Buku Panduan Akademik UNISKI Kayuagung. Kayuagung: UNISKI Kayuagung.

Yumarni, Asmara. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Teknologi Informasi. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 2(2): 112-26.

Downloads

Published

2022-07-09