KONSEP KEPRIBADIAN MUSLIM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER; KAJIAN TAFSIR PENDIDIKAN TEMATIK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.2942

Keywords:

kepribadian muslim, pendidikan karakter

Abstract

Fungsi pendidikan dalam sistem pendidikan nasional dirumuskan yaitu untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diarahkan pada  berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Berdasarkan hal tersebut pendidikan nasional memiliki fungsi dan tujuan dalam membentuk karakter yang baik terhadap peserta didik. Dalam kajian ini, dibahas konsep kepribadian muslim dalam terminologi Mukmin, Muslih, Mujahid, Mutqin dan Muta’awin dari sisi tafsir tarbawy. Selain itu dilihat relevansinya dengan pendidikan karakter yang ada saat ini. Adapun metode yang digunakan adalah Penelitian Pustaka (Library Research) yang berfokus pada kajian tafsir pendidikan tematik (Tafsir Tarbawy  Maudhu’i). Hasil dari penelitian ini diperoleh konsep pendidikan karakter yang disebutkan dalam al-Quran dapat dirumuskan dalam bentuk seimbangnya zikir dan pikir, konsisten melaksanakan ibadah, dan meninggalkan yang buruk serta melaksanakan segala bentuk kebaikan. Relevansi kepribadian terhadap pendidikan karakter dapat dilihat dari upaya mendidik jiwa memiliki sikap keimanan diatas akidah yang lurus, ibadah yang sesuai petunjuk dan akhlak mulia. Adapun jiwa ‘Muslih’, Mujahid, ‘Mutqin’ dan ‘Muta’awin’ dapat dilihat dari upaya untuk terus belajar dan mengajarkan ilmu, berdakwah dengan mencegah kepada yang buruk dan mengajak kepada kebaikan, sikap sabar, kerja sama (gotong royong), dan mengupayakan yang terbaik (profesionalisme) dari setiap pekerjaan yang dilakukan.

Author Biographies

didin hafidhuddin hafidhuddin, UIKA Bogor

Guru Besar Agama Islam IPB

Askar Patahuddin Fatahuddin, STIBA Makassar

Dosen STIBA Makassar

Syamsuar Hamka Hamka

Dosen Prodi PAI FITK IAIN Ambon

References

Ainisysyifa, Hilda. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Universitas Garut 08, No. 03, doi : 10.52434/jp.v8i1.68

Al-Sa’di, Abdurrahman bin Nashir bin Abdillah, (2000), Taysir al-Karīm ar-Rahmān fī Tafsīr Kalam al-Mannān, Juz. 1. Muassasah al-Risalah : Kerajaan Saudi Arabia.

Al-Suyuti, Jalaluddin Muhammad bin Ahmad al-Mahalli, Jalaluddin bin Abdurrahman bin Abu Bakar, (t.th.) Tafsir Jalalain, jilid. 1 (Cet. 1, Dār al-Hadiṡ: al-Qāhirah.

Aneess, B. Q., (2010), Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Bandung: Simbiosa Rakatama.

An-Nahlawi, A., (1996), Prinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Islam; dalam Keluarga di Sekolah dan Masyarakat. Diponegoro : Bandung.

Bin Ali, Hasan, Manhaj Tarbiyah ibnu Qayyim (2001), Jakarta: Pustaka Al Kautsar.

Bin Katsir Al-Qurasyi al-Baṣarī, (1999), Abu al-Fida’ Ismail bin ‘Amr. Tafsir al-Quran al-Aẓīm, Juz. 8, Cet. II, Dār al-Ṭaibah : Kerajaan Saudi Arabia

Darajat, Z. (2018), Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental, dikutip dari Syaiful Anawar dkk, “Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa Di Era Milenial. Al-Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9, No. 2, https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3628

Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahnya. (2014). Cet. I, Jawa Barat: PT. Pantja Cemerlang.

Hafidhuddin, Didin (2021), Membangun Kemandirian Umat, UIKA Press: Bogor.

Hamka, Syamsuar, (2022), Pemikiran Pendidikan Yusuf Al-Qardhawi dalam Kitab Al-‘Aql Wa al-‘Ilm Fi Al-Qur’an, Tawazun Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 15, No. 1, hlm. 8, doi : 10.32832/tawazun.v15i1.6843

Hasan Langgulung, (1989), Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka al-Husna.

Lickona, Thomas, (2016), Mendidik untuk Membentuk Karakter; Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggungjawab, Bumi Aksara : Jakarta

M. Yusuf, Kadar, (2013), Tafsir Tarbawi: Pesan-pesan al-Qur’an tentang Pendidikan Jakarta: Amzah.

Mansyuriyadi, M. Irwan, (2022), Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Peserta Didik, PANDAWA: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, Vol. 4 No. 1, https://doi.org/10.36088/pandawa.v4i1.1404

Mu’in, F, (2011), Pendidikan Karakter Kontruksi Teoretik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Muhaimin, (1991), Konsep Pendidikan Islam Solo: Romadoni.

Muhammad Fâdil al-Jamalî, (1978), Nahw al-Tawhîd: al-Fikr al-Tarbawî al-‘Âlam al-Islâmî, Dâr al-Tûnisiyyah : Tunisia.

Nata, Abuddin, (1996), Akhlak Taswuf. Jakarta; Grafindo.

Samani, Muchlas dan Hariyanto, (2014), Konsep dan Model Pendidikan Karakter, PT Remaja Rosda Karya : Bandung.

Sanusi, Firdaus dkk. (2016), “Konsep Tashfiyah Dan Tarbiyah Dalam Pemikiran Muhammad Nashiruddin Al Albany”. Ta’dibuna Jurnal Pendidikan Islam, hlm. 129-130, http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v5i2.566

Uhbiyati, N, (2005), Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Woro Dwi, Hendriani. “Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi”, Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi - Kompasiana.com (7 Januari 2022).

Yaumi, Muhammad, (2014), Pendidikan Karakter; Landasan, Pilar dan Implementasi, Prenadamedia Grup: Jakarta.

Downloads

Published

2022-07-09