EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMA DI KECAMATAN SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH

Elfridawati M Dhuhani Mokhsin Kaliky Maimuna Silayar

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang
berkenaan dengan Kualitas pembelajaran yang meliputi Kinerja Guru,
Fasilitas, Iklim Kelas, Sikap Peserta didik, Motivasi Belajar Peserta didik
dari program pembelajaran yang bersangkutan dan kualita out put
pembelajaran yang meliputi Kecakapan Akademik, Kecakapan Personal,
serta Kecakapan Sosial peserta didik. Penelitian evaluasi program ini
menggunakan model kualitas proses dan kualitas out put pembelajaran,
maka penelitian ini mencakup berbagai variable dan indicator yang terkait
dengan komponen-komponen kualitas proses dan kualitas out put
program pembelajaran yang dievaluasi. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif, Dengan teknik
pengambilan data yaikni observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum
2013 pada proses pembelajaran di SMA se Kecamatan Salahutu tidak
bisa terlepas dari guru sebagai fasilitator pembelajaran dan perangkat
pembelajaran berupa silabus, RPP, metode dan sumber belajar, serta
media yang digunakan. Kualitas out put Pelaksanaan pembelajaran jika
ditinjau dari sisi guru, maka dapat dikatakan bahwa guru mampu menjadi
fasilitator untuk mengembangkan potensi peserta didik dengan
menggunakan pendekatan Scientific. Adapun hasilnya terdapat
perubahan tingkahlaku terhadap peserta didik antara sebelum dan
sesudah pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33477/alt.v2i1.326

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Persiapkan artikel anda, redaksi AL-ILTIZAM: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM segera menerima artikel untuk terbitan Vol. 6, No.1 TAHUN 2021