HUBUNGAN SISTEM PEMBELAJARAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS DDI SEPPANGE

St. Jumaeda Nursaid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
sistem pembelajaran modul dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif, artinya semua gejala diukur
menggunakan besaran kuantitatis yang kemudian digeneralisasikan atau
simpulan ditarik dari interpretasi terhadap angka-angka yang dihasilkan
oleh perhitungan statistik maupun matematik. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Instrumen angket dan tes hasil belajar Bahasa
Arab siswa di MTs DDI seppange. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh Siswa Kelas MTs DDI Seppange tahun akademik 2016/2017.
Dalam pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik acak
sederhana (simple random sampling). Sampel penelitian sebanyak 70
siswa.Berdasarkan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada
hubungan penerapan sistem pembelajaran Modul dengan hasil belajar
siswa pada MTs DDI seppange. Hubungan tersebut berdasarkan
interpretasi terhadap nilai r
menunjukan hubungan penerapan system
pembelajaran modul sangat kuat terhadap hasil belajar siswa. karena nilai
r
hitung
hitung
= 0,996, maka hal ini menunjukkan bahwa hubungan penerapan
sistem pembelajaran modul sangat tinggi terhadap hasil belajar siswa

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33477/alt.v2i2.328

Article Metrics

Abstract view : 171 times
PDF - 228 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Persiapkan artikel anda, redaksi AL-ILTIZAM: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM segera menerima artikel untuk terbitan Vol. 6, No.1 TAHUN 2021