KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERBASIS BUDAYA ETIS DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (Studi Kasus Di MA Bilingual Batu)

M Sahrawi Saimima

Abstract


Isu penting dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia saat ini adalah
menyangkut peningkatan mutu sekolah. Namun, pada kenyataannya upaya
peningkatan mutu saat ini masih mengalami berbagai permasalahan. Adapun
permasalahan khusus dalam peningkatan mutu pendidikan saat ini seperti
rendahnya sarana fisik, rendahnya kualitas guru dan sebagainya.
Tujuan penelitian ini adalah, Pertama Mendeskripsikan strategi. Kedua,
Karakteristik dan, Ketiga, Dampak Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis
Budaya Etis terhadap peningkatan Mutu Sekolah di MA Bilingual Batu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
studi kasus. Adapun teknik yang dilakukan dalam rangka mengumpulkan datanya
dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang
semuanya untuk mencari tahu tentang strategi, karakteristik dan dampak
kepemimpinan kepala sekolah berbasis budaya etis dalam meningkatkan mutu
sekolah. Sedangkan informan yang dipilih dalam peneltian ini adalah kepala
sekolah, tenaga kependidikan, tenaga pendidik dan peserta didik.
Penelitian ini menghasilkan temuan penelitian, 1) Strategi meliputi
berperan sebagai model atau contoh bagi bawahan, berjuang demi nasib bawahan,
berpikir tentang konsekuensi jangka panjang, menetapkan standar etika agama
sebagai budaya kepada para pendidik dan para peserta didik, memperhatikan
aspek heterogenitas dalam mengembangkan budaya etika di lembaga sekolahnya.
2) Karakteristik meliputi religius, jujur, adil, disiplin, tegas dan simpati. 3)
Dampaknya dapat dirasakan meliputi aspek perilaku akademik, non akademik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa,
kepemimpinan kepala sekolah berbasis budaya etis memiliki implikasi dalam
meningkatkan mutu sekolah. Oleh karena itu dapat dioperasinalkan
Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Budaya Etis dalam Meningkatkan Mutu
Sekolah di MA Bilingual Batu adalah proses mempengaruhi orang lain dalam
lembaga pendidikan dengan mengedepankan cara atau kebiasaan beretika dengan
baik dalam memimpin, disesuaikan dengan standar etika yang akan diterapkan,
serta mengupayakan adanya peningkatan mutu pada lembaga pendidikan sehingga
tidak mengurangi nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat sekolah dalam mencapai
visi bersama.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33477/alt.v2i2.334

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF - 123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Persiapkan artikel anda, redaksi AL-ILTIZAM: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM segera menerima artikel untuk terbitan Vol. 6, No.1 TAHUN 2021