IMPLEMENTATION OF RELIGIOUS MODERATION PROGRAM IN PAI CURRICULUM DEVELOPMENT
DOI:
https://doi.org/10.33477/alt.v8i1.3859Keywords:
Moderasi beragama, Implementasi, Kurikulum PAIAbstract
Indonesia sebagai negara multikultural yang banyak akan keberagaman seperti ras, suku, agama, bahasa dan budaya. Sehingga upaya pendidikan pada anak usia dini dalam membangun karakter anak yang moderat terhadap perbedaan dilingkungannya melalui program moderasi beragama pada pendidikan agama islam. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana implementasi program moderasi beragama pada pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di RA Ar Rafif Ngajeg, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data. menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentas. Hasil penelitian ini adalah Lembaga RA Ar Rafif dalam mengimplementasikan program moderasi beragama pada anak usia dini berdasarkan pada 4 indikator yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan Kepekaan Tradisi. Dengan penerapan moderasi beragama pada pendidikan anak usia dini dalam pendidikan Agama islam dapat menjaga kesatuan bangsa Indonesia dan juga karakter anak bangsa Indonesia dengan lebih mengenalkan dan menanamkan moderasi beragama yang dapat dilakukan oleh Lembaga RA Ar rafif Ngajeg, desa Tirtomartani, kecamatan Kalasan, kabupaten SlemanReferences
Anwar, R. N., Rahmasiwi, D. S., & Winggasari, M. (2021). nternalization Of Spiritual Value In Forming Attitudes And Behavior Of Students In Distance Learning Periods. Proceeding IConIGC: International Conference on Islamic and Global Civilization, 20–26.
Iswan, & H. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam Dalam Era Millenial IR. 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi, 21–42.
Lukman Hakim saifudin. (2019). Moderasi Beragama (cet 1). Badan Litbang dan Diklat Kementrian RI.
Marlina, S., Pransiska, R., & Qalbi, Z. (2021). Analisis Kurikulum Pendidikan Islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 844–855. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1143
Mubarok, G. A., & Muslihah, E. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Sikap Keberagaman Dan Moderasi Beragama. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan …, 9(01), 115–130. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/geneologi/article/view/6616
Nashohah, I. (2021). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama melalui Pendidikan Penguatan Karakter dalam Masyarakat Heterogen. Prosiding Nasional, 4(November), 127–146. http://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/article/view/68
Ridho Riyanto. (2022). Moderasi Beragama Pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar (Madrasah). ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 61–78.
Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. PT Rajagrafindo Persana.
Suryadi, R. A. (2022). “Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, Vol. 20, N(11), 12–26.
UUD. (2003). UU RI Nomor 20 tahun 2003 tantang Sistem pendidikan Nasional. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.
Yuliana, Lusiana, F., Ramadhanyaty, D., Rahmawati, A., & Anwar, R. N. (2021). Moderasi Beragama Untuk Mencegah Radikalisme Pada Anak Usia Dini. Seminar Nasional Paedagoria, 1(September), 9–15. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/viewFile/5601/3296
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan penelitian Gabungan. Kencana.