URGENSI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs NURUL IKHLAS KALAPA DUA SERAM BAGIAN BARAT

Saddam Husein

Abstract


Abstrak: Mts Al-Ikhlas Kelapa dua, diketahui bahwa peserta didik mempunyai bakat khusus dalam menghafal ayat-ayat juz Amma. Dalam menghafal ayat-ayat juz Amma para peserta didik sering diperlombakan dalam kegiatan hari-hari besar Nabi Muhammad Saw. di MTs Al-Ikhlas Kelapa dua ini peserta didiknya sangat cerdas dalam menghadapi tantangan dengan peserta didik yang berasal dari sekolah lain. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Kelapa Dua Kecamatan kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode yang digunaka oleh guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah Metode wahdah, Metode wahda ini yang digunakan dengan cara menghafal satu persatu terhadap ayat-ayat yang hendak dihafalnya. Untuk mencapai hafalan awal, setiap ayat biasa dibaca sebanyak sepuluh kali atau dua puluh kali atau lebih. Sehingga mampu membentuk pola dalam bayangannya. Setelah benar-benar hafal barulah dilanjutkan pada ayat-ayat berikutnya. Untuk mengeksplorasi peserta didik pada MTs Al-Ikhlas Kelapa Dua sangat pandai dalam penghafalan ayat-ayat suci al-Qur’an, penulis mengambil salah satu prestasi yang di raih peserta didik MTs Al-Ikhlas Kelapa Dua adalah perlombaan yang dilakukan oleh mahasiswa IAIN Ambon untuk meningkatan keimanan dan keilmuan keagamaan pada kalaangan remaja di Dusun Kelapa Dua.
Kata Kunci: Urgensi Pembelajaran Al-qur’an Hadist.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33477/alt.v3i1.411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Persiapkan artikel anda, redaksi AL-ILTIZAM: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM segera menerima artikel untuk terbitan Vol. 4, No.1 dan Vol. 4, No.2 TAHUN 2019