THE APPLICATION OF THE RECITATION METHOD IN IMPROVING STUDENT LEARNING OUTCOMES IN CLASS IX MTS DDI SEPANGE AQIDAH AKHLAK SUBJECT

Authors

  • St Nur Alam MTs DDI Seppange

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.4138

Abstract

Abstract:The purpose of this study is to improve student learning outcomes in akidah ahlak subjects in MTs DDI Seppange class IX by using the resitation method. This class action research (PTK) was carried out at MTs DDI Seppange with the research subjects being students in class IX MTs DDI Seppange which amounted to 15 students with details of men totaling 4 people and women totaling 11 students. Class Action Research (PTK) is carried out as many as 2 (two) cycles, each cycle goes through 4 stages, namely planning, action, observation and reflection. This research data was obtained using observation sheets of activities during learning and learning outcomes tests were used to determine the level of student mastery of the subject matter. The data obtained are analyzed using quantitative analysis techniques and qualitative analysis. For quantitative analysis, descriptive analysis is used, namely average and percentage scores. The results showed that the application of the resitation method can improve the learning outcomes of class IX MTs DDI Seppange students as evidenced by an increase in student learning outcomes in the initial test, an average score of 72.33 was obtained with completeness reaching 40%. In the first cycle, it increased with an average score of 82.53 with completeness reaching 80%. And furthermore, in cycle II, student learning outcomes increased with an average score of 85.93 with learning completion reaching 93.33%. Thus, it has met the predetermined performance indicators of 85%, so that the learning outcomes of Class IX MTs DDI Seppange students can be improved through the use of the resitation method on the subject of a commendable attitude towards oneself.

Keyword: Resitation Methods, learning outcomes

 

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah ahlak di MTs DDI Seppange kelas IX dengan menggunakan metode resitasi. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di MTs DDI Seppange dengan subyek penelitian adalah siswa di kelas IX MTs DDI Seppange yang berjumlah 15 orang siswa dengan rincian laki-laki berjumlah 4 orang dan perempuan berjumlah 11 orang siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar observasi kegiatan selama pembelajaran berlangsung dan tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Untuk analisis kuantitatif digunakan analisis deskriptif yaitu skor rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX MTs DDI Seppange dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik pada tes awal diperoleh skor rata-rata 72,33 dengan ketuntasan mencapai 40%. Pada siklus I meningkat dengan skor rata-rata 82,53 dengan ketuntasan mencapai 80%. Dan selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata 85,93 dengan ketuntasan belajar mencapai 93,33%. Dengan demikian, maka telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 85%, sehingga hasil belajar siswa Kelas IX MTs DDI Seppange dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode resitasi pada pokok bahasan sikap terpuji terhadap diri sendiri.

Keyword: Metode Resitasi, Hasil Belajar

References

Aritonang, E. (2021). Meningkatkan Hasil Belaar Siswa Melalui Model Pembelajaran Resitasi. Jurnal Mathematic Paedagogic, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.36294/jmp.v6i1.2302

Aryawati, N. M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Writing Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share Berbantuan Metode Penugasan Dan Resitasi Dengan Kliping Berita di SMP Negeri 4 Denpasar. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 10(1), 27–39. https://doi.org/10.36733/jsp.v10i1.694

Daroni, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA ( Materi Pokok Mendeskripsikan Karakteristik Sistem Tata Surya ) Melalui Strategi Kooperatif Model Resitasi Siswa Kelas IX MTS Imam Al Ghozali Panjerejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. 2, 291–297.

Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui metode resiatsi pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam di SMPN 1 Lappariaja, (2018).

Istiqamah. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Islam tentang Munakahat Melalui Resitasi pada Siswa Kelas XII MIPA 2 Semester 1 SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung Tahun Pelajaran 2019 / 2020. 2, 266–271.

Jumaeda, S. (2017). Hubungan Sistem Pembelajaran Modul Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa. 2(2).

Jumaeda, S. (2021). Implementasi Evaluasi Model Kualitas Proses Dan Output Pendahuluan “ Salah satu faktor utama pendukung keberhasilan pembangunan di suatu Negara adalah tersedianya Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang berkualitas . Peningkatan kemampuan dan kualitas sumber day. 6(2), 54–67.

Jumaeda, S. (2022). Evaluasi Program Pembelajaran di Madrasah Aliayah Negeri Ambon. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 83–98.

Lisa, & Dewi Iriani. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Akselerasi dengan Metode Resitasi Terhadap Prestasi Belajar pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMPN1 Muaro Jambi. Journal Evaluation in Education (JEE), 2(3), 96–102. https://doi.org/10.37251/jee.v2i3.218

R. Widhiantari. (2012). Efektifitas Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Berbantuan Modul pembelajaran Terhadap hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Uang dan Perbangkan pada SMA 1 Mungkid Kab. Magelang. Economi Education Analisy Journal, 1(1), 1–6.

St. Jumaeda, S. N. alam. (2021). Penerapan Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Akhlak Terpuji Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Kelas Viii Mts Ddi Seppange Kabupaten Bone. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 16–29.

Suharsimi Arikumto dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas.

Ummah, R., Septianti, I., & Susandi, A. (2022). Implementasi Metode Resitasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XII di SMK Al-UM Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 311–320.

Undang-undang RI Nomor 20 tanun 2003. (2003). No Title.

Yusfira, & Halik, A. (2019). Penerapan Metode Resitasi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Wajo. Istiqra’, 7(1), 3–4. http://repository.iainpare.ac.id/1093/

Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Downloads

Published

2022-07-29