Development Of PAI Learning Devices Using The STAD-Type Cooperative Model Based On The Wizer.me Application To Improve Student Confidence

Authors

  • Ali Musthafa UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Zein Auliaur Rahman UIN Sunan Ampel Surabaya
  • A. Saepul Hamdani UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Irma Soraya UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v8i1.4799

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Model kooperaif tipe STAD, Wizer.me, Kepercayaan diri siswa.

Abstract

Kepercaayaan diri siswa sangat esensial karena mampu mempengaruhi ketercapaian harapan atau cita-cita siswa. faktanya, kepercayaan diri siswa di SD Negeri Jemundo II perlu ditingkatkan lagi. Penelitian ini mengguakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran PAI materi enam rukun iman menggunakan model kooperatif tipe STAD berbasis aplikasi wizer.me dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Sedangkan teori model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan 4D (Define, Design, Develop and Disseminate). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri Jemundo II kelas I semester genap tahun ajaran 2022/2023. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) teknik field note, 1) teknik validasi, dan 2) teknik angket. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari analisis data proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian diperoreh bahwa pengembangan perangkat pembelajaran PAI menggunakan model kooperatif tipe STAD berbasis aplikasi wizer.me dikatakan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.

References

Asma, N. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Depdiknas.

Dewi, N. Y. (2012). Upaya Meningkatkan Kepercayaan diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X. Indonesian Jurnal of Guidance and Counseling Theory and Application, 1(2), 24.

Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2011). Teori-teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

Hakim, T. (2022). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Puspa Swara.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada penelitian Pendidikan Matematika). Pena Salsabila.

Huda, M. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Isjoni. (2014). Cooperative Learning. Alfabeta.

Iswidharmanjaya, D. (2004). Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri. PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Jenada, B. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Materi Kekongruenan dan Kesebangunan Kelas IX.2 SMPN 1 Kec. Situjuah Limo Nagari. IAIN Batusangkar.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 12.

Kopniak, N. B. (2018). The Use of Interactive Multimedia Worksheets at Higher Education Institution. Journak Technologies and Learning Tools, 63(1), 116–129.

Kumalasari, O. D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam Berbantu Website Wizer.me Materi Energi Alternatif Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 9(7), 36.

Mastuti, I. (2008). 50 kiat Percaya Diri. Hi-Fest Publishing.

Muawiyah, D., Utami, B., & Mulyani, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Drill And Practice pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Prestasi Belajar Kelas XI ICT di Sma Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun . Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 6(1), 10.

Munirah. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Tarbawi, 3(2), 60.

Nadziroh, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi. UIN Sultan Thaha Saifuddin.

Nasution, E. A. (2020). Developing Digital Worksheet by Using Wizer.me for Teaching Listening Skill to the Tenth Grade Students in SMK Negeri 7 Medan. Universitas Negeri Medan.

Padmini, K. H., & Tyagita, B. P. A. (2015). Teknologi Pendidikan Sebagai Pembelajaran Kompetitif Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa : Studi Kasus Di Salah Satu SMA Di Salatiga. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 30.

Rahmadani, E., & Putri, F. A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Interaktif Menulis Deskriptive Text Menggunakan Media Wizer dalam Mempromosikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Siswa Kelas 8 Di MTSN 2 Medan. Jurnal Bahas, 32(1), 27–28.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pengembangan. Kencana Predana Media Group.

Suparlan. (2005). Menjadi Guru Efektif. Hikayat Publishing.

Yuliani, F. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII SMPN 2 Danau Kembar. IAIN Batusangkar.

Yulianto, A. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 56.

Downloads

Published

2023-06-16