Management of Learning Resources to Support the Implementation of the PAI Curriculum in Madrasah

Authors

  • Rohana Rohana UIN Mataram
  • Maulida Ummul Mukminin Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram
  • Syamsul Arifin Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v8i2.5671

Keywords:

Management, Learning Resources, PAI Curriculum

Abstract

Abstract: This articles describes the management of learning resources to support the implementation of the PAI curriculum PAI Learning resources are an important foundation in advancing education that play a key role in providing access to knowledge, helping individuals develop deep understanding, and assisting in overcoming challenges in an ever-changing world. Management of learning resources can be carried out with various efforts, namely planning, procuring, distribution, utilization, storing and maintaining learning resources involving various aspects, including planning, procurement, organizing, using, monitoring and evaluating learning resources used to support Islamic education in madrasah. Therefore, managing learning resources is very important. This research is included in the type of literature study with descriptive analytical mrthods by konten analysis. The type of data collected is research results from various articles, papers, relevant books, library sources and appropriate documents. This article aims to conceptually describe the management of learning resources so that the implementation of the PAI curriculum in madrasah can be implemented well. Through in-depth analysis, this article provides useful insights for madrasah administrators, teachers and related parties in efforts to improve the quality of Islamic education. It is hoped that this article can be a practical guide for improving the management of learning resources supporting the implementation of the PAI curriculum in madrasah, which in turn will have a positive impact on the formation of student character and improving the quality of Islamic education.

 

Abstrak: Artikel ini membahas tentang pengelolaan sumber-sumber belajar pendukung implementasi kurikulum PAI di madrasah. Sumber belajar sebagai pondasi penting dalam memajukan pendidikan yang memainkan peran kunci dalam memberikan akses ke pengetahuan, membantu individu mengembangkan pemahaman yang mendalam, dan membantu dalam mengatasi tantangan di dunia yang terus berubah. Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki tanggung jawab untuk menjalankan kurikulum PAI yang memadai sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam dan kebutuhan siswa. Maka dari itu, perlunya pengelolaan sumber belajar yang tepat. Pengelolaan sumber belajar dapat dilakukan dengan berbagai upaya, yaitu perencanaan, pengadaan, pendistribusian, pemanfaatan penyimpanan dan pemeliharaan sumber belajar serta melibatkan berbagai aspek, termasuk perencanaan, pengadaan, pengorganisasian, penggunaan, pengawasan, dan evaluasi sumber belajar yang digunakan untuk mendukung pembelajaran agama Islam di madrasah. Oleh karena itu, pengelolaan sumber belajar sangat penting dilakukan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian studi literature dengan metode deskriptif analistik dengan menerapkan analisa konten. Jenis data yang dikumpulkan berupa hasil penelitian dari berbagai artikel, makalah, buku-buku yang relevan, sumber pustaka dan dokumen yang sesuai. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara konseptual tentang pengelolaan sumber belajar sehingga pelaksanaan kurukulum PAI di madrasah berjalan dengan baik. Melalui analisis mendalam, artikel ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi pengelola madrasah, guru, dan pihak terkait dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam. Diharapkan bahwa artikel ini dapat menjadi panduan praktis untuk meningkatkan pengelolaan sumber-sumber belajar pendukung implementasi kurikulum PAI di madrasah, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada pembentukan karakter siswa dan peningkatan mutu pendidikan Islam.

References

Al-Rahmi, W.M., al-Khair, N.A., & al-Bahra, K.M. (2020). Enhancing Islamic: Education: The Integration of Arabic Language and Islamic Studies in Madrasah Aliyah Curriculum Religions, 11(1), 10, https://doi.org/10.3390/rel11010010

Hasnawati. (2021). Pengelolaan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Anak Pada TK Handriani, CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education, Vol 4, No. 2.

Imansyah, H., & Ananda, A. (2020). Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran Aktif Inovatif Tematik Terpadu. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 171-180.

Karwono dan Heni Mularsih. (2017), Belajar dan Pembelajaran: serta Pemanfaatan Sumber Belajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Nasih, Ahmad Munjih dan Lilik Nur Kholidah, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Refika Aditama, 2009.

Nasution, Z., & Kusumaningrum, I. (2020). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis E-Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 6(1), 73-80.

Noorzanah. (2017). Konsep Kurikulum dalam Pendidikan Islam, Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, Volume 15, No.28.

Peraturan Menteri Agama RI tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Islam di Madrasah, Lamp. 1 (Jakarta: 2008).

Prastowo, Andi. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasi Sekolah/Madrasah, Jakarta: Kencana.

Rahman, Danial, dan Abu Rizal Akbar. (2021). Problematika yang Dihadapi Lembaga Pendidikan Islam Sebagai Tantangan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Nazzama Journal of Management Education, Volume 1, Nomor 1, April-September, 76-89.

Robbins, S. P., Coulter, M., & DeCenzo, D.A.(2017).Fundamental of Management. Pearson. Sevent Canadian Editon.

Rohmawati, N., et al. (2020). The Implementation og Integrated Islamic Education Curriculum in Indonesia: A Case Study of Madrasah Ibtidaiyah, Journal of Critical Reviews. 7(11), 847-851. https://doi.org/10.31838/jcr.07.11.187

Saleh, F., & al-Habsy, S,A (2018), Akhlak Education Model in Islamic Education Curriculum ini Indonesia Islamic Boarding Schools: A Comprative Study Religions, 9(7), 220. https://doi.org/10/3390/rel9070220

Sayuti, A. M., Hatta, S. N., & Mustari, R. (2018). Manajemen Pendidikan Agama Islam. UIN Alauddin Press.

Sitepu. (2014). Pengembangan Sumber Belajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Sujarwo, dkk. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Masyarakat https://staffnew.uny.ac.id/upload/198703282014042002/pendidikan/buku%20pengelolaan%20sumber%20belajar%202018.pdf

Sulistiyani, Tiya. (2022). Pengelolaan Sumber Belajar oleh Guru Pendidikan Agama Islam, Al-Liqo’: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 1.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zed, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-31