PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA

Authors

  • Khairunas Ramadhan
  • Syamsul Arifin

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v9i1.6042

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar merupakan inisiatif pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada siswa dalam mengatur proses pembelajaran mereka. Salah satu aspek penting dalam pendidikan adalah keterampilan berkomunikasi, yang merupakan kunci keberhasilan dalam kehidupan pribadi dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan kurikulum Merdeka Belajar dengan fokus pada peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa. Dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih materi yang relevan dengan minat dan kebutuhan mereka, serta mempromosikan pembelajaran aktif dan kolaboratif, kurikulum Merdeka Belajar dapat memfasilitasi perkembangan keterampilan berbicara, mendengarkan, menulis, dan membaca. Pendekatan ini juga menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan beragam, di mana siswa memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan teman-teman sebaya dari latar belakang yang berbeda. Hasil akhirnya adalah peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa yang akan membekali mereka dengan kemampuan yang diperlukan dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan

 

References

Sani dan Kurniasih. (2017) Revisi Kurikulum 2013 Implementasi Konsep dan Penerapan, Surabaya: Kata Pena.

Oemar Hamalik Oemar. (1987) Pembinaan Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pustaka Martina.

Fadriati, Khoirurrijal dkk. (2018). Pengembangann Kurikulum Merdeka”. Malang : CV. Literasi Nusantara Abadi.

Zaini Muhammad. (2012). Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: Diva Press, 2012.

Wahyudin Din. (2016). Manajemen Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ruhaliah, dkk. (2020) “Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran “Merdeka Belajar” Bagi Guru Bahasa Sunda Di Kota Sukabumi”, Dimasatra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.1 No.1 .

Sari R. M. (2019) Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan”, PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.1 No.1.

Fadriati, Khoirurrijal, dkk. Pengembangann Kurikulum Merdeka. Malang : CV. Literasi Nusantara Abadi.

Ningrum A. S. (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar (Metode Belajar). Prosiding Pendidikan Dasar, Vol.1.

Ari W. L, Albertus M. S Vhalery R., Albertus M. S. Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Research and Development Journal of Education, Vol.8 No.1.

Wakia N Sabriadi H. R. dan Wakia N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi”, Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.11 No.2.

Wakia dan Sabriadi H. R. Pengembangann Kurikulum Merdeka, Malang : CV. Literasi Nusantara Abadi.

Wakia dan Sabriadi H. R. Pengembangann Kurikulum Merdeka, Malang : CV. Literasi Nusantara Abadi.

Sumarti. (2018). Pengaruh Media Gambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis, Disiplin, ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa.

Hassan Shadily dan John M. Echlos, Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

http:id.wikipedia.org?wiki/Integrasisosial di akses pada tanggal 8 agustus 2016 pukul 10:45

Syukur NC Fattah. (2008). Tekhnologi Pendidikan, Semarang: Rasai Media Group

Munir Samsul. (2013) “Bimbingan dan Konseling Islam”. Jakarta: Amzah.

Published

2024-05-27