STRATEGI GURU PAI DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI

Authors

  • Andi Rahmat Abidin IAIN Ambon
  • Ridhwan Latuapo IAIN Ambon
  • Mustika abidin UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v8i2.6480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam secara kuratif dan prefentif serta untuk mengetahui kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengelolaan kelas secara preventif adalah menyediakan 15 menit untuk tadarus bersama, memberikan pengantar-pengantar berupa cerita motivasi, merapikan posisi tempat duduk agar peserta didik merasa nyaman sebelum memulai pelajaran. Sementara pengelolaan kuratif adalah memberikan teguran saat terjadi kekacauan dalam kelas, adapun hasil dari fokus penelitian kualitas pembelajaran ditemukan kesimpulan bahwa pendidik atau guru pendidikan agama islam telah melakukan persiapan berupa, menyiapkan RPP (rencana proses pembelajaran) yang merupakan kerangka apa saja yang akan di lakukan  guru dari masuk sampai keluar kelas. selain itu juga guru menyiapkan beberapa metode yang akan dipakai dan alat-alat pendukung seperti power point atau buku-buku serta memiliki keterampilan mengajar guru pendidikan agama islam terhadap tercapainya hasil tujuan pembelajaran dikategorikan cukup pada kemampuan mengelola kelas, mengadakan pembelajaran yang bevariasi, dan memimpin diskusi kelompok.

References

Arwil Dayanto, Arifin Suking dan Warni Tune Sumar (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan, Cet. 1, Bandung: CV Cendekia Press.

Muhammad Bakhruddin dkk (2021). Strategi Belajar Mengajar, Cet. I, CV Agrapana Media.

Nurhadi dan Muljani A (1993). Administrasi Pendidikan di Sekolah, Yogyakarta: IKIP.

Rusman, Manajemen Pengelolaan Kelas (2018). Penerbit UM Surabaya Publishing.

S Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah (2002). Jakarta: Rineka Cipta.

Samrin dan Syahrul (2021). Pengelolaan Pengajaran, Cet. I CV Budi Utama.

Sardiman A.M (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wina Sanjaya (2006). Strategi Pembelajaran, Cet-I : Kencana.

Aat Syafaat, Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Ahmad Suriyansyah dkk (2014). Strategi Pembelajaran, Cet.I, PT Raja Grafindo Persada Jakarta.

Danim Sudarwan (2006). Visi Baru Manajemen Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah (2006). Perencanaan Pembelajaran, Cet.I; Jakarta: Bumi Aksara.

Hari Agus Prasetyo,“Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Komputer Pada Siswa Kelas IV A SDN Bendan Ngisor”, (Jurnal FIP PGSD Unnes, 1, 2, Juli, 2013).

Irsyadu Sari, Syarah Shahih Bukhari, Juz 13 (Darul Fikri Bairut-Libanon 1990 M).

Jakaria Tueka, Penerapan Strategi Snow Balling Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA LKMD Tanah Goyang Kabupaten Seram Bagian Barat Pada Materi Sejarah Dakwah Rasulullah SAW Periode Madinah, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Ambon, 2012.

Lutfiyah, Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Tulungagung, Juli 2017.

Downloads

Published

2023-12-31