EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN DENGAN MODEL EVALUASI CIPP DI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN AMBON

Authors

  • la Adu IAIN Ambon
  • Sitti Mania UIN Alauddin Makassar
  • Muhammad Nur Akbar Rasyid UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v9i2.6936

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan program baca tulis al-Qur’an dengan model evaluasi CIPP  di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ambon. Metode yang digunakan adalah metode evaluasi CIPP sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. analisis data menggunakan display data, Reduksi Data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kegiatan pembinaan baca tulis al-Qur’an pada ma’had al-Jami IAIN Ambon dengan model evaluasi CIPP sudah berlangsung dengan efektif, (2) Input proses berlangsung program kegiatan sudah berjalan secara terah dengan baik, (3) evaluasi proses berlangsung secara baik dimana hal itu dapat dilihat dari adanya kesesuaian jadwal pembelajaran bagi mahasiswa dengan kinerja dari para penyelenggra, (4) dari segi hasil program pembelajaran baca tulis al-Qur’an yang diterapkan kepada mahasiswa secara keseluruhan telah berlangsung secara baik walau terdapat mahasiswa yang remedial namun semua mahsaiswa dapat membaca dan menulis al-Qur’an dengan baik

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, A. J. dan S. (2021). Cepat dan Mudah Belajar Membaca al-Qur’an dengan Benar. Puspa Swara.

Arikunto, Suharsimi, dan Jabar, Cepi Safruddin Abdul. (2019). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis dan Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi pendidikan (Cet. I). Bumi Aksara.

Hanafi, H. dkk. (2023). Kiat Mudah Membuat Siswa Membaca al-Qur’an (Mengurai Peran Orang Tua dan Guru PAI (Cet I). Deepuplish.

Hermawan, R. dkk. (2018). Sistem Informasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web. Jurnal: Evolusi, 4(1).

Jumaeda, S. (2019). Ma’had al-Jami’ah di Institut Agama Islam Negeri Ambon. Al-Iltizam, 2 (1).

Malinda. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru Matematika SMA: Penggunaan Metode Bervariasi Pada Kelas Matematika Materi Pokok Program Linear. Dari PTK Guru Matematika, 2.

Mandagi, M. O. dan I. N. S. D. (2019). Model Rancangan Pembelajaran. Seribu Bingtang.

Mansur. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam (Edisi I). Pustaka Belajar.

Mulyono. (2018). Berprestasi Melalui JFP Ayo Kumpulkan Angka Kreditan. Deepuplish.

Octavia, S. A. (2019). Sikap dan Kinerja Guru Profesional. Deepuplish.

Rofa’ah. (2018). Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Deepuplish.

Setiyaningrum, A. (2018). Implementasi Model Evaluasi CIPP Pada Pelaksanaan Program Pendidikan dan Pelatihan di BPTT Darman Prasetyo Yogyakarta. UNJ_Fakultas Ilmu Keguruan.

Siswadi, G. A. (2019). Integrasi Pendidikan Agama Hindu dalam Pembelajaran Bahasa Sangskerta. Nilacakra.

Suthon Fauzi, W. (2019). Implementasi Program BTQ (Baca-Tulis Al-Qur’an) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di SMAN 02 Batu. UIN Malik Ibrahim.

Suyanto, A. J. (2020). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Erlangga.

Tahir, A. (2018). Implementasi Program BTQ (Baca Tulis al-Qur’an) pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. UIN Alauddin Makassar.

Warjiyati, S. (2018). Memahami Dasar Ilmu Hukum: Konsep Dasar Ilmu Hukum. Prenadamedia Group.

Widoyoko, E. P. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Wirawan. (2018). Evaluasi Pembelajaran. Rajawali Pers.

Published

2024-12-31