The Persepsi Mahasiswa Terhadap Layanan Driver Maxim Di Kota Ambon (Perspektif Perlindungan Konsumen)

Authors

  • Nainul Hatuluayo UIN A.M Sangadji Ambon
  • Tuti Haryanti UIN A.M Sangadji Ambon
  • Muhammad Umar Kelibia UIN A.M Sangadji Ambon

Keywords:

Presepsi Mahasiswa, Layanan Driver Maxim, Kota Ambon

Abstract

ABSTRAK

Pandangan mahasiswa terhadap Layanan Maxim di Kota Ambon cukup beragam, khususnya terkait harga,keamanan, serta kualitas pelayanan. Penelitian ini dilakukan untuk menelusuri bagaimana mahasiswa menilai menilai pelayanan driver maxim dalam perspektif perlindungan konsumen yang berlandaskan Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan Permenhub 118/2018. Dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara,observasi, dan angket, diperoleh temuan bahwa meskipun Maxim dinilai murah dan mudah digunakan, tetap ada persoalan mengenai keselamatan,sikap prefesional pengemudi, dan kurang optimalnya mekanisme pengaduan. Faktor pengalaman pengguna juga memengaruhi penilaian mereka mengenai layanan driver maxim berada pada kategori cukup baik, namun masih belum konsisten memenuhi prinsip-prinsip perlindungan konsumen. Hasil penelitian menegaskan perlunya peningkatan mutu layanan dan perlindungan bagi konsumen agar terciptnya lapangan kerja yang sesuai.

 

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Hatuluayo, N., Tuti Haryanti, & Muhammad Umar Kelibia. (2025). The Persepsi Mahasiswa Terhadap Layanan Driver Maxim Di Kota Ambon (Perspektif Perlindungan Konsumen) . Syaddudz Dzari’ah: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(2). Retrieved from https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/JHES/article/view/12535