Sebuah Komodifikasi Alquran di media Tiktok : Analisis konten Akun Ustadz Raffi Nuraga
Analisis konten Akun Ustadz Raffi Nuraga
DOI:
https://doi.org/10.33477/jsi.v14i2.11811Abstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komodifikasi Al-Qur’an dalam konten TikTok Ustadz Raffi Nuraga, dengan meneliti bentuk komodifikasinya dan faktor yang mempengaruhi komodifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis konten. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap video TikTok Ustadz Raffi Nuraga, dokumentasi komentar audiens, serta analisis fitur monetisasi yang digunakan dalam konten periode Oktober 2024–Maret 2025. Hasil penelitian menunjukkan dua temuan utama. Proses komodifikasi terjadi melalui tiga aspek: komodifikasi isi (pengemasan ayat Pada komodifikasi isi terlihat dalam pemilihan ayat yang dipilih oleh ustadz Raffi Nuraga yakni ayat-ayat popular dan yang sering dibaca seharihari), komodifikasi khalayak (audiens sebagai sumber pendapatan melalui fitur gift dan like), dan komodifikasi pekerja (Ustadz Raffi Nuraga sebagai konten kreator yang menyesuaikan konten dengan tuntutan platform). Faktor yang mempengaruhi komodifikasi dalam konten tiktok Ustadz Raffi Nuraga, dibagi menjadi tiga. Pertama, tuntutan algoritma media sosial dan trend konten digital, Kedua, Respons terhadap Karakteristik Khalayak Sasaran, Ketiga, Posisi Diri sebagai Influencer dan Tuntutan Ekonomi
Kata Kunci : Komodifikasi Al-Qur’an, TikTok, Ustadz Raffi Nuraga
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 fitra nabila adir

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






