- PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ANAK TERHADAP KELUARGA DI ERA DIGITAL (STUDI KORELASI DI NEGERI KAILOLO KECAMATAN PULAU HARUKU)
-
DOI:
https://doi.org/10.33477/jsi.v14i1.9285Abstrak
Pendidikan agama di era digital sangat penting untuk menprotek penyalagunaan aplikasi dan fitur-fitur yang semakin berkembang dimedia social. Fokus penelitian ini untuk mengkaji problematika pendidikan agama anak terhadap keluarga Negeri Kailolo Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku tengah, dan menganalisis pengaruh antara pendidikan agama terhadap perilaku anak di Negeri Kailolo Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku tengah.
Tipe penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan deskriftif kuantitatif, untuk mendeskripsikan pengaruh pendidikan agama anak terhadap keluarg di Negeri Kailolo dengan sampel penelitian adalah 30 anak. Sedangkan dalam pengumpulan dan pengolahan dilakukan melalui angket dan dokumentasi serta teknis analisis data menggunakan korelasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanakan pendidikan agama anak dalam keluarga di Negeri kailolo cukup efektif dan maksiamal diterapkan pada aspek pendidikan akidah dengan persentase 52,22%, pada aspek pendidikan ibadah kurang maksimal dengan persentase 41,67 %, dan aspek pendidikan akhlak kurang maksimal dengan persentase 42,38 %. Dan korelasi antara pendidikan agama anak dan perilaku anak sebesar 0,777, dimana pada signifikansi 5% sebesar 0,361 dan signifikansi 1% sebesar 0,463. Dengan besar kontribusi pendidikan agama anak terhadap perilaku anak adalah 60,373 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama anak terhadap perilaku anak.
Kata Kunci: Pendidikan anak, Pendidikan Keluarga, Era Digital.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nur Sahartira, Adam Latuconsina, Rustina N.

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.