Pembelajaran IPA Berbasis Praktikum di Pendidikan Menengah: Literature Review

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33477/al-alam.v4i2.10339

Keywords:

Praktikum IPA, Teori Kognitif Piaget

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada empat: pertama, untuk mengetahui keefektifan pembelajaran IPA berbasis praktikum; kedua, untuk mengetahui manfaat dari praktikum IPA; ketiga, untuk mengkaji relevansi antara pembelajaran IPA berbasis praktikum dengan teori kognitif Piaget; dan keempat, untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis praktikum di pendidikan menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode kajian pustaka sistematis. Sebuah tinjauan literatur sistematis yang komprehensif telah dilakukan untuk memastikan keefektifan pembelajaran sains berbasis praktikum di pendidikan menengah. Temuan telah menunjukkan bahwa pendekatan pedagogis ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep ilmiah, mengasah keterampilan proses mereka, dan memupuk sikap ilmiah yang positif. Kajian ini juga mengungkapkan bahwa metode ini tidak hanya berperan dalam mengasah kemampuan praktis, tetapi juga dalam menumbuhkan pemahaman konseptual yang mendalam. Temuan ini sangat relevan dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget, yang menggarisbawahi pentingnya pengalaman langsung, interaksi konkret, dan keterlibatan dengan lingkungan dalam memfasilitasi perkembangan kognitif.

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Iswanto, I. H. (2025). Pembelajaran IPA Berbasis Praktikum di Pendidikan Menengah: Literature Review. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 4(2), 74–84. https://doi.org/10.33477/al-alam.v4i2.10339