Pembelajaran IPA Berbasis Praktikum di Pendidikan Menengah: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.33477/al-alam.v4i2.10339Keywords:
Praktikum IPA, Teori Kognitif PiagetAbstract
Tujuan dari penelitian ini ada empat: pertama, untuk mengetahui keefektifan pembelajaran IPA berbasis praktikum; kedua, untuk mengetahui manfaat dari praktikum IPA; ketiga, untuk mengkaji relevansi antara pembelajaran IPA berbasis praktikum dengan teori kognitif Piaget; dan keempat, untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis praktikum di pendidikan menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode kajian pustaka sistematis. Sebuah tinjauan literatur sistematis yang komprehensif telah dilakukan untuk memastikan keefektifan pembelajaran sains berbasis praktikum di pendidikan menengah. Temuan telah menunjukkan bahwa pendekatan pedagogis ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep ilmiah, mengasah keterampilan proses mereka, dan memupuk sikap ilmiah yang positif. Kajian ini juga mengungkapkan bahwa metode ini tidak hanya berperan dalam mengasah kemampuan praktis, tetapi juga dalam menumbuhkan pemahaman konseptual yang mendalam. Temuan ini sangat relevan dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget, yang menggarisbawahi pentingnya pengalaman langsung, interaksi konkret, dan keterlibatan dengan lingkungan dalam memfasilitasi perkembangan kognitif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Imas Hari Iswanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.