Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Booklet Bernuansa Emotional Spiritual Quotient pada Materi Ekosistem Di SMA Pembangunan Laboratorium UNP
Pengembangan e-booklet bernuansa ESQ
DOI:
https://doi.org/10.33477/al-alam.v4i2.11310Keywords:
E-booklet, ESQ, EkosistemAbstract
Bahan ajar memiliki fungsi penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, karena pemanfaatan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan interaktif contoh bahan ajar yaitu e-booklet disusun dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, disertai gambar-gambar yang berhubungan dengan materi sehingga menumbuhkan minat peserta didik untuk membaca. Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan e-booklet bernuansa emotional spiritual quotient sebagai alat bantu dalam pembelajaran biologi, khususnya pada materi ekosistem Fase E SMA/MA. Metode Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan peserta didik dari kelas X E1, X E2, X E3 di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahwa guru dalam proses pembelajaran menggunakan bahan ajar seperti buku paket, lkpd dan modul, namun belum pernah mengembangkan e-booklet bernuansa emotional spiritual quotient dalam proses pembelajaran. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dibutuhkannya e-booklet bernuansa emotional spiritual quotient tentang materi ekosistem.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maimuna simamora Maimuna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.