Eksplorasi Permainan Tradisional Kabupaten Agam Dalam Konteks Pembelajaran Sains Berwawasan Kearifan Lokal
DOI:
https://doi.org/10.33477/al-alam.v4i2.11350Keywords:
permainan tradisional, kearifan lokal, pembelajaran sainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi permainan tradisional yang terdapat di Kabupaten Agam serta menggali nilai-nilai edukatif yang terkandung di dalamnya sebagai dasar untuk pengembangan pembelajaran sains yang berwawasan kearifan lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik snowball sampling, di mana partisipan terdiri atas masyarakat dan penggiat seni yang memiliki pengetahuan tentang permainan tradisional di wilayah tersebut. Data penelitian didapatkan melalui wawancara mendalam dengan 18 narasumber dan dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sekitar 20 jenis permainan tradisional anak nagari yang masih dikenal dan dimainkan di Kabupaten Agam, seperti tapak lele, kasti, silek, randai, hingga congklak. Permainan-permainan ini tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga mengandung nilai-nilai edukatif yang tinggi, seperti kerja sama, sportivitas, kreativitas, disiplin, berpikir kritis, dan kemampuan sosial. Selain itu, nilai-nilai tersebut dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran sains untuk menumbuhkan keterampilan abad ke-21 pada peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Migel David

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.