Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet Terintegrasi dengan Nilai Preventif Kesehatan Organ Pencernaan pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Peserta Didik Fase F SMA

Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet Terintegrasi dengan Nilai Preventif Kesehatan Organ Pencernaan pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Peserta Didik Fase F SMA

Authors

  • Nia Saharani Nuzulia Puteri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.33477/al-alam.v4i2.11371

Keywords:

booklet, nilai preventif, kesehatan organ pencernaan

Abstract

Memilih media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik merupakan tantangan tersendiri bagi guru agar materi yang ingin disampaikan dapat diterima dan dipahami secara efektif. Penelitian ini mengemukakan analisis kebutuhan guru dan peserta didik sebagai acuan pengembangan booklet terintegrasi nilai preventif di SMAN 1 Lembah Melintang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, sementara teknik pengumpulan data berupa lembar wawancara dan angket. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru Biologi dan peserta didik kelas XII Fase F yang berjumlah 103 peserta didik. Hasilnya booklet dapat menarik minat peserta didik untuk mempelajari dan mengamalkan langkah-langkah cara menjaga kesehatan tubuh melalui nilai preventif yang diintegrasikan pada media pembelajaran. Dari hal tersebut, sebanyak 74,8% peserta didik menyatakan memerlukan tambahan media pembelajaran yang menarik untuk menunjang proses pembelajaran. Hasil tersebut menunjukkan perlunya dikembangkan media pembelajaran berupa booklet terintegrasi dengan nilai preventif kesehatan organ pencernaan pada materi sistem pencernaan manusia.

Published

2025-07-25

How to Cite

Nuzulia Puteri, N. S. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet Terintegrasi dengan Nilai Preventif Kesehatan Organ Pencernaan pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Peserta Didik Fase F SMA: Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet Terintegrasi dengan Nilai Preventif Kesehatan Organ Pencernaan pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Peserta Didik Fase F SMA. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 4(2), 132–142. https://doi.org/10.33477/al-alam.v4i2.11371